Cegah Pelecehan Seksual, TransJakarta Tempatkan Petugas Keamanan

Laporan: Khaerul Anam
Selasa, 28 Februari 2023 | 11:33 WIB
TransJakarta/TransJakarta
TransJakarta/TransJakarta

SinPo.id -  PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) menyiagakan petugas keamanan dan pramusapa di dalam bus untuk mengantisipasi peristiwa pelecehan seksual yang dialami oleh penumpang.

Kepala Divisi Sekretaris Perusahaan Transjakarta Apriastini Bakti Bugiansri mengatakan, petugas keamanan yang disiagakan itu sebelumnya ditugaskan di sejumlah halte transjakarta.

"Petugas pramusapa dan petugas keamanan ini merupakan upaya Transjakarta dalam menekan kasus pelecehan seksual di Transjakarta yang menambah keamanan dan kenyamanan para pelanggan," kata Apriastini melalui keterangan tertulis, Selasa 28 Februari 2023.

Apriastini menjelaskan, sejumlah petugas keamanan itu nantinya akan mengenakan seragam lengkap selama bertugas. Mereka juga bertugas secara mobile.

Selain penempatan petugas keamanan dan pramusapa, Transjakarta juga telah berupaya memperluas operasi armada bus pink yang dikhususkan untuk perempuan.

Sejauh ini, Transjakarta juga telah memiliki ruangan khusus wanita disetiap armada bus yang juga sudah dilengkapi dengan kamera CCTV.

“Kami harap aksi predator seksual dapat diredam dengan upaya-upaya yang kami lakukan. Kami juga menghimbau kepada para pelanggan wanita tidak perlu khawatir memanfaatkan layanan Transjakarta,” tandasnya.sinpo

Komentar: