KPK Beri Pembekalan Antikorupsi Untuk Pengurus PKB

Laporan: Zikri Maulana
Selasa, 28 Februari 2023 | 11:23 WIB
Kantor KPK Jakarta/SinPo.id
Kantor KPK Jakarta/SinPo.id

SinPo.id -  Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali memberikan pembekalan antikorupsi untuk para kader partai politik dalam program Politik Cerdas Beritegritas (PCB) Terpadu Tahun 2023. 

Juru Bicara Bidang Pencegahan KPK, Ipi Maryati mengatakan, hari ini giliran para pengurus Partai Kebangkitan Nusantara yang akan diberi pembekalan antikorupsi. Kegiatan ini akan digelar secara hybrid di Gedung Pusat Edukasi Antikorupsi KPK, Kuningan, Jakarta Selatan. 

"Berdasarkan konfirmasi yang kami terima, sebanyak 62 orang pengurus Partai Kebangkitan Nusantara akan hadir secara langsung, termasuk Ketua Umum I Gede Pasek Suardika, Sekjen Sri Mulyono, Bendahara Umum Mirwan Amir, dan Wakil Ketum Rio Ramabaskara," kata Ipi melalui pesan singkatnya, Selasa 28 Februari 2023. 

Selain para kader yang hadir secara langsung, Ipi mengatakan, pengurus dan kader Partai Kebangkitan Nusantara lainnya akan mengikuti kegiatan ini secara daring. 

Para pengurus Partai Kebangkitan Nusantara ini, akan mendapatkan pembekalan antikorupsi, yang akan disampaikan oleh Wakil Ketua KPK Alexander Marwata bersama jajaran Kedeputian Pendidikan dan Peran Serta Masyarakat KPK. 


Adapun sejumlah materi yang diberikan di antaranya tentang Penguatan Integritas; Sistem Integritas Partai Politik; Kontribusi Parpol dalam Pemilu yang Jujur, Bersih, dan Adil; serta pembahasan pembelajaran mandiri antikorupsi yang akan disampaikan oleh para pejabat di Kedeputian Pendidikan dan Peran Serta Masyarakat KPK.


Lebih lanjut kata Ipi, Ketum PKN juga akan menandatangani Deklarasi Bersama Integritas Partai Politik dalam kegiatan ini. Deklarasi ini merupakan komitmen parpol untuk menginternalisasi dan membangun integritas internal parpol. 

Antara lain dalam hal menolak money politic, benturan kepentingan, suap, pemerasan, gratifikasi dan tindak pidana korupsi lainnya; kesediaan sebagai role model dalam pemberantasan tindak pidana korupsi; kesediaan untuk meningkatkan pengetahuan antikorupsi, pengembangan politik cerdas berintegritas melalui pembelajaran antikorupsi yang difasilitasi oleh Pusat Edukasi Antikorupsi KPK; dan terlibat secara aktif dalam gerakan antikorupsi di lingkungan partai politik. 

Dalam rangkaian kegiatan PCB 2023 ini, Partai Kebangkitan Nusantara merupakan parpol ketiga setelah Partai Gelora dan Partai Buruh.

Selanjutnya, KPK akan menjadwalkan pembekalan antikorupsi untuk jajaran pimpinan dan pengurus dari tiga parpol lainnya, yaitu Partai Ummat, Partai Adil Sejahtera Aceh, dan Partai Generasi Atjeh Beusaboh Tha’at dan Taqwa. 
sinpo

Komentar: