Sambut Hari Sampah Nasional 2023, Gerakan Pengumpulan Sampah Belanja Online Digaungkan

Laporan: Sinpo
Rabu, 22 Februari 2023 | 03:14 WIB
Gerakan pengumpulan sampah
Gerakan pengumpulan sampah

SinPo.id -  Menyusul kesuksesan program daur ulang sampah online sebelumnya untuk shipper di Jakarta dan Tangerang, serta karyawan Ninja Xpress di wilayah Jabodetabek, Ninja Xpress berencana untuk memperluas gerakan pengumpulan sampah di luar wilayah Jabodetabek, dengan fokus utama di wilayah Jawa Barat. Perluasan pengelolaan sampah untuk didaur ulang ini juga untuk menyambut Hari Sampah Nasional 2023 yang mengusung tema "Tuntas Kelola Sampah Untuk Kesejahteraan Masyarakat".


Terkait Hari Sampah Nasional, Andi Djoewarsa, CMO Ninja Xpress menyampaikan, "Kami ingin terus menerapkan komitmen praktik logistik yang bertanggung jawab terhadap lingkungan dengan memperluas gerakan pengumpulan sampah di luar Jabodetabek, seperti Jawa Barat. Ninja Xpress memahami bahwa pengelolaan sampah yang baik juga berdampak pada kesejahteraan masyarakat." Lebih lanjut, Andi Djoewarsa menjelaskan bahwa gerakan ini juga untuk mendukung target pemerintah dalam mengurangi sampah nasional sebesar 30% dan mengelola sampah nasional sebesar 70% pada tahun 2025.


Berdasarkan data Ninja Xpress, Provinsi Jawa Barat adalah wilayah dengan aktivitas UKM dan belanja online yang tinggi, terbukti Jawa Barat menjadi salah satu dari tiga daerah pengirim dan penerima paket terbanyak sepanjang 2022. Di Jawa Barat, shipper Ninja Xpress mencapai sekitar 480.000 shipper. Pada periode sebelumnya, masing-masing shipper mengumpulkan sampah hingga mencapai rata-rata lebih dari 300 kg selama empat bulan dari Oktober hingga Januari. Penjemputan paket juga dilakukan setiap minggunya ke lokasi operasional shipper. Dana dari penjualan sampah yang dapat didaur ulang ini kemudian digunakan untuk kegiatan sustainability living masyarakat sekitar tempat pembuangan akhir. 

Salah satu shipper Ninja Xpress, Peter Kohar pemilik Ditoko.com menyatakan “Program ini adalah ajakan yang baik agar kita semua bisa mengambil bagian masing-masing untuk menjaga alam. Terima kasih Ninja Xpress sudah menginisasi program pengumpulan sampah untuk kami.” 

Shipper Ninja Xpress lainnya yaitu Tri Puriyani dari Digi Herba mengungkapkan bahwa gerakan CSR ini membuatnya sangat antusias, karena sebagai owner online shop, ia terbantu dalam manajemen pembuangan sampah kardus. Selain itu ternyata daur ulang sampah juga mendatangkan untung karena ada pemasukan dari penjualan sampah. 


Ada tiga kategori sampah yang dikumpulkan, yaitu: 

• Logam (kaleng, besi, alumunium).

• Kertas dan kardus (HVS, karton minuman, koran, majalah), dan 

• Plastik (botol, gelas, jerigen, botol sabun/shampoo/perawatan kulit, tutup botol, keranjang plastik. 


Berdasarkan data Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan pada 2022, jumlah timbunan sampah secara nasional bersumber dari 146 Kabupaten/kota adalah sebesar 18,3 juta ton. Sumber utama sampah plastik berasal dari kemasan (packaging) makanan dan minuman, kemasan consumer goods, kantong belanja, serta pembungkus barang lainnya. 


Pengelolaan sampah nasional masih menjadi tantangan, terutama sampah plastik yang hanya 10-15% saja yang dapat didaur ulang. Sedangkan sebanyak 60-70% sampah plastik masih ditimbun di Tempat Pembuangan Akhir (TPA). Sisanya 15-30% bahkan belum terkelola sehingga terbuang ke lingkungan, terutama ke lingkungan perairan seperti sungai, danau, pantai, dan laut. Maka dari itu, Ninja Xpress selalu mendorong model industri logistik yang menerapkan reduce, reuse, dan recycle dalam setiap operasionalnya. sinpo

Komentar: