Legislator Minta Pemerintah Segera Lenyapkan KKB Papua

Laporan: Juven Martua Sitompul
Rabu, 15 Februari 2023 | 12:23 WIB
Dave Laksono/Parlementaria
Dave Laksono/Parlementaria

SinPo.id -  Anggota Komisi I DPR RI Dave Laksono mengingatkan pemerintah agar tidak tunduk pada Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua. Pemerintah diminta segera membumihanguskan kelompok teroris tersebut.

"Pemerintah tidak boleh tunduk pada teroris, mreka harus diberantas habis hingga tidak ada sisa," kata Dave kepada SinPo.id, Jakarta, Rabu, 15 Februari 2023.

Dave juga menekankan Komisi I tidak pernah berhenti meminta Panglima TNI Laksamana Yudo Margono untuk menginstruksikan jajarannya lebih keras terhadap perusuh di Bumi Cenderawasih tersebut. Politikus Golkar itu tak ingin TNI-Polri memberi ruang dialog terhadap aksi-aksi keji KKB Papua.

"Kita terus meminta agar TNI bertindak lebih keras kepada mereka yang jelas-jelas berbuat melawan hukum NKRI, tidak ada tolerasi kepada mereka," tegas Dave.

Video pasukan Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat-Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM) yang menyandera Pilot Pesawar Susi Air Pilatus Porter PC 6/PK-BVY, Kapten Philips Max Mehrtens beredar di media sosial.

Dalam video, terlihat Pilot asal Selandia Baru itu memakai jaket jeans berwarna biru, topi, dan memakai sepatu lengkap. Philips berdiri dan dikelilingi pasukan TPNPB-OPM. Beberapa di antara mereka terlihat mengacungkan senjata api.

Pada video itu juga, Philips menyampaikan pesan singkat untuk militer Indonesia.

"Kelompok Papua menangkap saya dan mereka berjuang untuk kemerdekaan Papua. Mereka minta agar militer Indonesia pulang dan jika tidak mereka tetap menahan saya dan keselamatan saya akan terancam," kata Philips.

Pilot Philips sudah disandera selama sepekan oleh TPNPB-OPM terhitung sejak pesawat yang ditumpanginya dibakar pada Selasa, 7 Februari 2023. Hingga hari ini nyawa Philips masih berada di tangan TPNPB-OPM.
sinpo

Komentar: