Menkes: Meningkatnya Kasus Covid-19 Bukan Diakibatkan Mobilitas Massa

Laporan: Galuh Ratnatika
Rabu, 08 Februari 2023 | 20:40 WIB
Menkes Budi Gunadi Sadikin/ SinPo.id/ Ashar SR
Menkes Budi Gunadi Sadikin/ SinPo.id/ Ashar SR

SinPo.id - Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin, mengatakan meningkatnya kasus Covid-19 di Indonesia bukan disebabkan oleh mobilitas massa, melainkan adanya varian baru yang muncul.

Hal tersebut disampaikan berdasarkan kesimpulan berbasis science yang telah diamati oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes) ketika muncul varian delta, termasuk varian omicron.

"Nah berdasarkan fakta science seperti ini, Indonesia harus mempersiapkan diri, strategi penanganan pandemi salah satunya yang utama adalah kita memastikan memiliki kemampuan untuk mengidentifikasi varian baru," kata Budi, Rabu 8 Februari 2023.

Ia mengatakan bahwa saat ini Kemenkes telah memiliki 50 alat yang sudah dibangun sejak awal tahun 2022, untuk mengetahui semua pola pergeseran dari varian baru Covid-19, dan dapat memberikan respon yang tepat.

"Itu yang menyebabkan saat BA45 terjadi yang warna biru, Indonesia kenanya relatif rendah. Kemudian ada BQ1XBB yang terjadi warna ungu, Indonesia juga kenaikannya rendah, beda dengan negara-negara lain," ungkapnya.

Lebih lanjut, kata Budi, kasus Covid-19 di Indonesia masih terkendali dengan adanya penangan yang tepat. Sehingga, angka penularannya pun terbilang menurun.sinpo

Komentar: