Anggota Komisi IX DPR: Kasus Gagal Ginjal Akut Belum Dituntaskan Pemerintah

Laporan: Sinpo
Selasa, 07 Februari 2023 | 01:35 WIB
Ilustrasi gangguan ginjal pada anak/ halodoc
Ilustrasi gangguan ginjal pada anak/ halodoc

SinPo.id -  Anggota Komisi IX DPR, Nurhadi meminta semua pihak waspada dan mengantisipasi tewasnya anak akibat gangguan ginjal akut progresif atipikal (GGAPA). Menurut dia, kasus gagal ginjal akut menimpa anak-anak masih menjadi PR besar bersama.

"Kemunculan kembali korban gagal ginjal akut pada anak menunjukkan kepada kita bahwa kasus ini belum selesai diatasi dan diantisipasi oleh pemerintah," kata dia, dalam keterangannya pada Senin 6 Februari 2023.

Untuk diketahui, Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta menyebut ada satu anak meninggal dunia dan satu anak lainnya masih dirawat karena gangguan ginjal akut progresif atipikal (GGAPA) di wilayah Jakarta Timur

Menurut politikus NasDem ini, harus menjadi telaah dan pelajaran yang berharga bagi pemerintah terutama Kementerian Kesehatan dan BPOM apakah penyebab utama kasus ini sama seperti yang dahulu. 

Yaitu karena obat sirup anak yang terdeteksi mengandung tiga zat kimia berbahaya yakni ethylene glycol (EG), diethylene glycol (DEG), dan ethylene glycol butyl ether (EGBE).

"Pemerintah harus segera mengambil langkah yang cepat untuk mengumumkan kepada publik mengenai penyebab kasus gagal ginjal akut yang kembali terjadi dan memberikan himbauan mengenai larangan-larangan yang harus dilakukan oleh orang tua agar anaknya tidak menjadi korban gagal ginjal akut," tegas legislator dapil Jatim VII ini. sinpo

Komentar: