Rumah Budaya Indonesia KBRI Tokyo Gelar Program Kopi Indonesia, Warga Jepang Antusias

Laporan: Sinpo
Selasa, 07 Februari 2023 | 01:40 WIB
Program Rumah Budaya Indonesia (RBI) KBRI Tokyo bertema “Kopi Indonesia” di Balai Indonesia, pada Sabtu 4 Februari 2023.
Program Rumah Budaya Indonesia (RBI) KBRI Tokyo bertema “Kopi Indonesia” di Balai Indonesia, pada Sabtu 4 Februari 2023.

SinPo.id -  Rumah Budaya Indonesia (RBI) KBRI Tokyo menggelar program bertema “Kopi Indonesia” di Balai Indonesia, pada Sabtu 4 Februari 2023. Program RBI yang bekerja sama dengan Japan Indonesia Association (JAPINDA) ini untuk pertama kalinya digelar secara luring sejak pandemi Covid-19 melanda dunia. 

"RBI merupakan media promosi budaya Indonesia dan softdiplomacy KBRI Tokyo kepada masyarakat Jepang," ujar Wakil Duta Besar Republik Indonesia selaku Kuasa Usaha Ad Interim (KUAI) Kedutaan Besar RepublikIndonesia (KBRI) Tokyo John Tjahjanto Boestami membuka Program Rumah Budaya Indonesia (RBI) 
 
Dia menekankan pentingnya pemahaman budaya antarwarga dua negara sebagai landasan kehidupan berbangsa dan bernegara.  

“Baik Indonesiamaupun Jepang sebagai negara kepulauan memiliki kekayaan dan keragaman budayayang merupakan daya tarik tersendiri di mata dunia. Suatu bangsa akan menjadibesar jika nilai-nilai kebudayaan telah mengakar dalam kehidupan masyarakat. Oleh karena itu Program RBI ini sangat strategis bagi Indonesia dan Jepang,”ujar John Tjahjanto Boestami.

Lebih dari 100 orangwarga Jepang yang hadir di acara RBI KBRI Tokyo ini nampak antusias menikmati suguhanberbagai rasa kopi Indonesia yang disediakan panitia untuk para tamu. 

Di antara kopi yang disajikan adalah kopi Aroma Bandung, Gunung Puntang, Papua, Gayo dankopi Mandailing. Para hadirin juga diberi produk coklat asal Indonesia dan SotoBetawi.  

Sambil menikmati kopi dengan Roti Kecik Ganep asal Solo sebagai pelengkap, para pengunjung mendengarkan sejarah kopi mulai dari wilayah penghasil dan pengolahan kopiIndonesia dari seorang diaspora Indonesia, Imelda Coutrier. 

"Warga Jepang yang hadir juga berkesempatan berlatih Tari Pagelu dari Toraja bersama guru tari,Tini Kodrat dan mencoba mengenakan beragam pakaian adat dari berbagai daerahuntuk diabadikan di stan foto yang disediakan," tambahnya.

Programsinpo

Komentar: