Gempa Turki, Presiden Ukraina Tawarkan Bantuan

Laporan: Carlosky Paath
Senin, 06 Februari 2023 | 19:51 WIB
Presiden Ukraina, Volodymr Zelensky
Presiden Ukraina, Volodymr Zelensky

SinPo.id - Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky menawarkan bantuan untuk penanganan gempa Turki. Gempa berkekuatan magnitudo 7,8 yang melanda Turki tersebut terjadi sekitar pukul 08.00 WIB. Suriah dan sejumlah negara yang berbatasan dengan Turki, turut merasakan guncangan gempa bumi.

Zelensky mengaku terkejut mengetahui adanya kematian dan cedera ratusan orang akibat gempa Turki. Ia juga menyampaikan belasungkawa atas korban yang meninggal akibat gempa Turki. Menurutnya, Ukraina dan Turki memiliki hubungan yang erat.

“Kami menyampaikan belasungkawa kami kepada keluarga para korban dan berharap yang terluka cepat sembuh. Kami mendukung orang-orang Turki yang ramah dan siap memberikan bantuan yang diperlukan,” ujar Zalensky melalui akun Twitter-nya, Senin, 6 Februari 2023.

Sementara itu, Yunani dan negara-negara lain di kawasan juga telah menawarkan bantuan dan upaya penyelamatan korban gempa Turki. Yunani sedang memobilisasi sumber daya dan akan segera membantu.

“Kami sangat sedih dengan bencana gempa yang menghancurkan ini,” ucap Perdana Menteri Yunani Kyriakos Mitsotakis menyangkut gempa Turki melalui akun Twitter-nya.sinpo

Komentar: