Gempa Turki, Vladimir Putin Siap Beri Bantuan

Laporan: Carlosky Paath
Senin, 06 Februari 2023 | 19:27 WIB
Presiden Rusia, Vladimir Putin/Wikimedia Commons
Presiden Rusia, Vladimir Putin/Wikimedia Commons

SinPo.id - Presiden Rusia Vladimir Putin siap memberikan bantuan terhadap korban gempa Turki dan Suriah. Rusia memang mempunyai hubungan kuat dengan Turki dan Suriah.

Vladimir Putin dikenal sebagai penyokong Presiden Suriah, Bashar al-Assad. Namun, Putin juga memiliki hubungan kuat dengan Presiden Turki, Tayyip Erdogan yang berusaha menengahi perang di Ukraina.

“Tolong terima belasungkawa mendalam saya atas banyak korban manusia dan kehancuran besar-besaran yang disebabkan oleh gempa kuat di negara Anda. Kami siap memberikan bantuan yang diperlukan dalam hal ini,” kata Putin kepada Erdogan sebagaimana dilansir Reuters, Senin, 6 Februari 2023.

Pesan serupa disampaikan Putin kepada Assad. Rusia turut merasakan kesedihan dan rasa sakit dari mereka yang kehilangan orang dicintai. Putin pun mengatakan Rusia siap memberikan bantuan.

Rusia mempunyai dua pesawat Ilyushin-76 dengan penyelamat di dalamnya. Pesawat itu siap untuk terbang membantu upaya penyelamatan korban gempa Turki. Kementerian Darurat Rusia menyebut 100 orang penyelamat telah disiagakan membantu penanganan gempa Turki dan Suriah.

Di Suriah, Rusia mendukung Assad dengan meluncurkan kampanye militer yang membantu mengubah gelombang perang menjadi menguntungkan Assad. Meskipun, Barat telah meminta pemimpin Suriah tersebut untuk mundur.sinpo

Komentar: