Jajaran Kemenkeu Diharap Pahami Kondisi Ekonomi Secara Komprehensif

Laporan: Galuh Ratnatika
Kamis, 02 Februari 2023 | 16:49 WIB
Suahasil Nazara/Kemenkeu
Suahasil Nazara/Kemenkeu

SinPo.id -  Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Suahasil Nazara, meminta seluruh jajaran Kementerian Keuangan (Kemenkeu) untuk memahami kondisi ekonomi secara komprehensif, yang artinya bukan hanya dari satu angle masing-masing unit saja.

Pasalnya, tugas Kemenkeu tidak hanya menjalankan tugas dan fungsinya sebagai pengelola keuangan negara dan melaksanakan APBN saja, tetapi harus lebih dari itu yaitu mengurus Indonesia dengan menjaga ekonominya.

"Kalau saya bayangkan, harusnya Kementerian Keuangan itu adalah alat dari negara yang memiliki ujung tombak yang banyak namun dia tetap dengan satu tujuan yang sama yaitu menjaga ekonomi Indonesia,” kata Wamenkeu, Kamis 2 Februari 2023.

Menurutnya, jajaran Kemenkeu yang bertugas di sisi penerimaan negara juga perlu tahu kemana uang yang dikumpulkan itu mengalir, termasuk untuk belanja kesehatan, subsidi, bangun infrastruktur dan alokasi belanja-belanja lainnya.

Begitu pun bagi jajaran yang bertugas mengelola belanja negara, harus mengetahui sumber uang tersebut berasal, dan jika sudah dibelanjakan maka harus diketahui pengaruhnya terhadap perekonomian.

“Dalam konteks Regional Chief Economist (RCE), saya ingin memastikan bahwa setiap unit yang ada di daerah itu tidak alergi untuk terus berdiskusi mengenai pekerjaan Kemenkeu secara utuh," ungkapnya.

Selain itu, Wamenkeu juga menegaskan agar para pimpinan Kemenkeu dapat terus mendorong semua jajaran termasuk yang ada di daerah untuk melihat tugas dan fungsinya secara utuh, bukan hanya parsial.sinpo

Komentar: