PAM Jaya Kelola Air Bersih Secara Mandiri, Ini Harapan Pemprov DKI

Laporan: Khaerul Anam
Kamis, 02 Februari 2023 | 16:45 WIB
PAM Jaya saat ditinjau Pemprov DKI/PPID DKI
PAM Jaya saat ditinjau Pemprov DKI/PPID DKI

SinPo.id -  Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta berharap pengoperasian penuh layanan air oleh perusahaan umum daerah (Perumda) PAM Jaya bisa memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat terkait ketersediaan air bersih.

Hal itu diungkapkan Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono saat meninjau langsung pengoperasian secara penuh PAM Jaya di Instalasi Pengelolaan Air (IPA) Buaran, Kalimalang, Jakarta Timur.

"Saya harus meyakinkan bahwa operasional itu tetap berjalan dan pelayanan tidak terganggu. Selain itu, tentunya peningkatan pelayanan dan air baku," kata Heru dalam keterangannya, Kamis, 2 Februari 2023.

Heru juga mengapresiasi PAM JAYA atas segala upayanya untuk memastikan kelancaran proses transisi dan transformasi keterlibatan dua mitra swasta sebelumnya, PALYJA dan Aetra, dalam pengelolaan air bersih di Jakarta.

"Perlu diingat bahwa dengan berakhirnya keterlibatan mitra swasta bukan berarti memulai lagi dari nol. Tinggal meningkatkan pijakan yang sudah terbangun dan menyempurnakan dengan lebih baik," ujarnya.

Sementara itu, Direktur Utama PAM Jaya Arief Nasrudin mengharapkan pengoperasian penuh oleh PAM Jaya tidak ada hambatan.

"Semalam kami sudah monitor dan lakukan pengontrolan. Mudah-mudahan tidak ada hambatan. Mohon doa restunya agar PAM Jaya 'reborn' ini bisa bekerja dengan baik," kata Arief menjelaskan.

Seperti diketahui, Perumda PAM Jaya melakukan pelayanan 100 persen secara mandiri, setelah 25 tahun dikelola pihak swasta. Layanan mandiri dimulai sejak Rabu kemarin, 1 Februari 2023.

Pengoprasian secara mandiri dilakukan seiring dengan penghentian swastanisasi air di Jakarta. Sebelumnya pengelolaan air bersih di Ibu kota dikelola bersama mitra swasta Aetra dan Palyja.
sinpo

Komentar: