Kemenlu Minta Swedia Pastikan Pembakaran Alquran Tidak Terulang Lagi

Laporan: Galuh Ratnatika
Senin, 30 Januari 2023 | 17:00 WIB
Ilustrasi (SinPo.id/Pixabay.com)
Ilustrasi (SinPo.id/Pixabay.com)

SinPo.id -  Pemerintah Indonesia telah meminta pemerintah Swedia agar kejadian pembakaran Alquran dalam protes Stockholm tidak terulang kembali. Pembakaran kitab suci itu tersebut merupakan suatu bentuk provokasi

"Kami juga kecewa karena ini bukan pertama kali ya, yang kedua kami minta pemerintah Swedia untuk memastikan bahwa kejadian ini tidak berulang lagi," kata Direktur Jenderal Amerika dan Eropa Kementerian Luar Negeri (Kemenlu), Umar Hadi, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin 30 Januari 2023.

Umar mengatakan Duta Besar Swedia telah mencatat dengan saksama apa yang disampaikan pemerintah Indonesia ketika dipanggil. Terlebih Perdana Menteri Swedia juga telah menyatakan pembakaran Alquran sebagai tindakan yang tidak disukai.

"Tapi memang dalam sistem hukum Swedia itu tidak melanggar hukum, gitu masalahnya. Ya karena Swedia katanya menjamin kebebasan berpendapat," ungkapnya.

Menurut Umar, jika alasan protes sebagai kebebasan berpendapat, namun ia menekan kebebasan itu bukan tanpa batas.

Dalam pertemuan antara pemerintah dan Dubes Swedia di Jakarta, kemungkinan perlu adanya dialog agar pemahaman mengenai Islam dan Alquran dapat dibenahi.sinpo

Komentar: