Meikarta Absen Saat RDPU, DPR Kecewa

Laporan: Galuh Ratnatika
Kamis, 26 Januari 2023 | 14:59 WIB
Mohammad Hekal/Parlementaria
Mohammad Hekal/Parlementaria

SinPo.id -  Wakil Ketua Komisi VI DPR RI Mohamad Hekal mengaku kecewa dengan ketidakhadiran Presiden Direktur (Presdir) PT Mahkota Sentosa Utama (MSU) selaku pengembang Mega Proyek Meikarta dalam Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) dengan Komisi VI DPR RI.

Pasalnya, RDPU yang diselenggarakan oleh DPR RI akan membahas permasalahan konsumen Meikarta. Namun pihak Meikarta disebut terkesan abai atas undangan resmi dari lembaga legislatif tersebut.

“Kita sudah melakukan komunikasi dan saya dengar dari sekretariat pada awalnya mereka (pihak Meikarta) menanggapi. Tapi ternyata pas tahu undangannya untuk mendalami masalah konsumen Meikarta kelihatannya mereka terus nggak berkabar lagi,” kata Hekal, dikutip Kamis 26 Januari 2023.

Ia mengatakan, Komisi VI DPR RI sebenarnya ingin mendengar alasan mengapa pihak Meikarta dan Bank Nobu melayangkan gugatan pada konsumennya sendiri. Karena menurutnya, gugatan tersebut merupakan bentuk intimidasi dalam upaya membungkam konsumen yang tidak terima dengan keputusan Meikarta.

"Kita mau dengar penjelasannya. Cuma kita sayangkan hari ini tidak hadir, malah tidak ada kabar. Padahal kita sudah sisihkan waktu khusus, rasanya teman-teman juga sepakat ini sesuatu yang cenderung melecehkan DPR. Sehingga, kita akan melakukan pemanggilan lagi," ungkapnya.

Lebih lanjut, kata Hekal, Komisi VI juga berencana akan mengadakan rapat gabungan dengan Komisi III DPR RI dan Komisi XI DPR RI untuk membahas masalah tersebut.

Sebab, persoalan Meikarta bukan hanya berkaitan dengan perlindungan konsumen yang merupakan ranah dari Komisi VI, tetapi juga permasalahan hukum dan permasalahan keuangan yang merupakan ranah dari Komisi III dan Komisi XI.
sinpo

Komentar: