Aksi Pembakaran Al Quran, DPR Desak Menlu Panggil Dubes Swedia

Laporan: Galuh Ratnatika
Senin, 23 Januari 2023 | 15:55 WIB
Wakil Ketua Komisi I DPR RI, Abdul Kharis Almasyhari/ Parlementaria
Wakil Ketua Komisi I DPR RI, Abdul Kharis Almasyhari/ Parlementaria

SinPo.id - Wakil Ketua Komisi I DPR RI, Abdul Kharis Almasyhari, mendesak Menteri Luar Negeri Republik Indonesia (Menlu RI) Retno Marsudi, untuk melayangkan nota protes terkait aksi pembakaran Al-Qur'an di Stockholm, Swedia.

Ia juga mengutuk keras tindakan dari Pemimpin partai sayap kanan Denmark Stram Kurs, Rasmus Paludan, yang mendapat perlindungan dari otoritas kepolisian Swedia.

“Saya mengutuk keras tindakan provokatif ini, yang jelas (tindakan pembakaran Alquran ini) merupakan kejahatan kebencian terhadap kemanusian, dan keyakinan Umat Islam di seluruh dunia,” kata Abdul, melalui keterangan tertulisnya, Senin 23 Januari 2023.

Ia menegaskan bahwa segala tindakan kebencian terhadap keyakinan, rasialisme, dan Islamofobia jelas tidak dapat diterima. Karena seharusnya, tindakan penghinaan terhadap nilai-nilai sakral tidak diizinkan.

“Saya meminta Menteri Luar Negeri mengirimkan nota protes ke Pemerintah Swedia dan segera memanggil Dubes Swedia di Jakarta untuk menegaskan bahwa Indonesia dan khususnya Umat Islam Indonesia amat sangat kecewa atas kejadian terkutuk itu," ungkapnya.

Meski demikian, Abdul meminta agar Umat Islam di Indonesia tidak terprovokasi dan tetap mengedepankan Islam yang rahmatan lil ‘alamin, dan meminta pemerintah untuk bersikap tegas terhadap segala tindakan provokasi.

“Di samping amanah konstitusi memperjuangkan perdamaian dunia, perlu langkah bersama menggalang solidaritas dan sebagai rakyat Indonesia kita harus membantu dan terus mengkampanyekan Islam yang rahmatan lil’alamin dan melawan segala sikap Islamofobia serta aksinya di lapangan,” tutupnya.

 sinpo

Komentar: