Sejumlah Pejabat Ukraina Tewas dalam Kecelakaan Helikopter

Laporan: Galuh Ratnatika
Kamis, 19 Januari 2023 | 08:48 WIB
Kondisi di lokasi jatuhnya helikopter di Brovary/AP
Kondisi di lokasi jatuhnya helikopter di Brovary/AP

SinPo.id -  Menteri Dalam Negeri Ukraina, Denys Monastyrskyi, yang mengawasi polisi dan layanan darurat Ukraina, serta merupakan pejabat paling senior, dikabarkan tewas dalam tragedi jatuhnya helikopter di kota Brovary, pinggiran timur ibu kota Kyiv. 

Selain Mendagri, 13 orang lainnya juga dilaporkan tewas, termasuk Wakil Menteri Dalam Negeri Ukraina Yevhen Yenin, Sekretaris Negara Kementerian Dalam Negeri Yurii Lubkovych, dan empat anak-anak. Sementara korban luka berjumlah 25 orang, 11 di antaranya juga merupakan anak-anak.

Menurut para pejabat, sembilan dari mereka yang tewas berada di atas helikopter ketika jatuh, sementara yang lainnya tewas tertimpa badan Helikopter di darat.

"Rasa sakitnya tak dapat diungkapkan, bencana itu merupakan tragedi yang mengerikan di pagi yang kelam," tulis Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy, melalui akun Telegramnya, dilansir dari Fox News, Kamis 19 Januari 2023.

Seorang pejabat AS yang telah bekerja bersama Monastyrskyi selama berbulan-bulan mengatakan, bahwa menteri dalam negeri merupakan salah satu pemimpin terbaik Ukraina, yang berhasil memimpin penjaga nasional, penjaga perbatasan, dan polisi negara bagian dalam pertempuran melawan Rusia.

"Belum sempat pulih dari satu tragedi, sudah ada tragedi lain," kata wakil kepala kantor kepresidenan Ukraina, Kyrylo Tymoshenko.

Namun hingga saat ini, belum dapat dipastikan penyebab dari jatuhnya helikopter di dekat taman kanak-kanak tersebut. Sehingga belum diketahui apakah kecelakaan itu terkait dengan perang atau tidak.

"Masih terlalu dini untuk membicarakan alasannya," kata juru bicara Angkatan Udara Ukraina, Yurii Ihnat, kepada saluran televisi.

Dia juga mengatakan penyelidikan terhadap jatuhnya helikopter Super Puma yang dipasok oleh Prancis tersebut bisa memakan waktu lama.sinpo

Komentar: