Komisi X DPR: PR Ketum Baru PSSI untuk Tuntaskan Petaka di Kanjuruhan

Laporan: Galuh Ratnatika
Kamis, 19 Januari 2023 | 07:18 WIB
Foto: Galuh Ratnatika
Foto: Galuh Ratnatika

SinPo.id -  Ketua Komisi X DPR RI, Syaiful Huda meminta PSSI di bawah kepemimpinan Mochamad Iriawan bertanggungjawab atas petaka di Stadion Kanjuruhan, Malang. Dia meminta agar peristiwa itu menjadi momentum perbaikan masa depan sepak bola Indonesia, sekaligus menuntaskan berbagai persoalan yang menimpa kepada seluruh keluarga korban.

"Saya minta siapa pun yang jadi ketua umum PSSI ke depan dia harus bertanggung jawab menuntaskan setuntas-tuntasnya tragedi Kanjuruhan," kata dia, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis 19 Januari 2023.

Pernyataan itu disampaikan usai pertemuan dengan perwakilan korban Kanjuruhan di Kompleks Parlemen. Korban Kanjuruhan didampingi oleh sejumlah anggota DPRD Malang datang untuk meminta keadilan.

Menurut Syaiful Huda ada dua aspek yang belum terpenuhi dalam penuntasan kasus Kanjuruhan yang telah menewaskan ratusan orang. Proses hukum, kata dia belum terpenuhi sebagaimana yang sudah direkomendasikan  Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF).

Lebih lanjut, kata Syaiful, aspek yang belum terpenuhi berikutnya adalah skema bantuan kemanusiaan. Karena berdasarkan informasi terbaru, pelayanan kesehatan untuk para korban sudah tidak terurus dan tidak tuntas.

"Ada dua aspek sebenarnya kalau mau disimpulkan, yang pertama aspek proses hukum yang dianggap belum memenuhi aspek keadilan," kata Syaiful.

Dia meminta pertanggungjawaban dari sejumlah pihak yang sampai saat ini belum terpenuhi. Untuk itu, Komisi X akan mengevaluasi pelaksanaan rekomendasi tim TGIPF.

"Saya mengusulkan semestinya ada kompensasi yang diberikan kepada keluarga korban, baik korban meninggal, korban luka ringan, maupun luka berat, jadi ada kompensasi," tambahnya.
sinpo

Komentar: