IMI Pastikan Balap Formula E Tak Gunakan APBD DKI

Laporan: Khaerul Anam
Senin, 16 Januari 2023 | 14:10 WIB
Balap Formula E/ FEO
Balap Formula E/ FEO

SinPo.id - Ikatan Motor Indonesia (IMI) pastikan dana penyelenggaraan ajang balap Formula E Jakarta 2023 tidak menggunakan APBD DKI. Panitia penyelenggara juga tidak akan menggandeng BUMN dalam penyertaan seponsor melainkan mencari dari pihak swasta.

“Kami sepakat dana nanti yang dipakai untuk Formula E non APBD harus sepenuhnya swasta dan sponsor,” kata Ketua Umum IMI Pusat Bambang Soesatyo setelah melantik pengurus IMI DKI di Balai Kota Jakarta di Balai kota, Senin, 16 Januari 2023.

Bamsoet menjelaskan, IMI bertanggung jawab terhadap teknis keselamatan sekaligus penanggung jawab berjalannya balapan Formula E. Untuk itu, IMI akan kembali menjadi bagian dari pengarah atau steering committee (SC) Jakarta E-Prix.

“Pemegang hak Formula E menyerahkan teknisnya kepada kami sebagai penanggung jawab teknis keselamatan sekaligus teknis balap,” imbuhnya.

Sedangkan, lanjut Bamsoet, BUMD DKI Jakarta Propertindo (Jakpro) berwenang menjadi panitia penyelenggara Formula E Jakarta.

Sebelumnya, Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi menegaskan jika gelaran event Formula E tidak boleh lagi menggunakan dana APBD. Dia meminta PT Jakarta Propertindo (JakPro) selaku pihak penyelenggara agar mencari sumber pendanaan lain untuk gelaran even Internasional di Jakarta itu.

Politikus PDIP itu menjelaskan, sejak awal kerjasama penyelenggaraan Formula E antara JakPro dan FIA merupakan bentuk business to business (B to B). Sehingga, PT JakPro diminta mencari alternatif pendanaan lain diluar APBD DKI.

"Nggak boleh, silahkan cari. Kan B to B," tegasnya.

Seperti diketahui, gelaran ajang balap mobil listrik Formula E 2023 akan dilaksanakan kembali di Jakarta pada 3-4 Juni mendatang. Saat ini, kepanitiaan untuk event internasional itu tengah disiapkan oleh PT JakPro selaku pihak penyelenggara balapan.

 sinpo

Komentar: