Ini Alasan Golkar Tegas Tolak Sistem Proporsional Tertutup

Laporan: Khaerul Anam
Jumat, 13 Januari 2023 | 20:36 WIB
Ketua DPP Partai Golkar Dave Laksono/ SinPo.id/ Khaerul Anam
Ketua DPP Partai Golkar Dave Laksono/ SinPo.id/ Khaerul Anam

SinPo.id - Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Golkar menilai bahwa sikap delapan partai menolak pemilihan umum (Pemilu) menggunakan sistem proporsional tertutup merupakan bentuk pembelaan terhadap kepentingan rakyat.

Sehingga, sikap delapan Partai politik yang menginginkan sistem pemilu proporsional terbuka pada Pemilu 2024 merupakan tindakan terbaik.

“Kami semua yang sepakat di 8 partai itu berlandaskan bahwa kita ini mengawal konstitusi, membela kepentingan rakyat,” kata Ketua DPP Partai Golkar Dave Laksono kepada wartawan, Jumat 13 Januari 2023.

Ketua Umum PPK Kosgoro 1957 itu meyakini sikap delapan parpol menolak sistem proporsional tertutup semata-mata untuk mengawal konstitusi yang telah berjalan sejak reformasi 1998 lalu.  

“Jangan kita mundur ke orde lama atau orde baru, tapi kita justru maju ke depan. Merefornasi sistem hukum dan membangun demokrasi,” ujarnya.

Sebelumnya, Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) PDIP Bambang Wuryanto atau Bambang Pacul menegaskan partainya kukuh menginginkan sistem pemilu tertutup. 

Bambang Pacul menyebut delapan parpol yang menolak proporsional tertutup hanya sekadar “hore-hore".

"Ini diskursus biasa saja. Soal penolakan monggo. Pengambil keputusan adalah 9 hakim MK. Kalau ini saja hanya untuk hore-hore saja," kata Bambang Pacul.

 sinpo

Komentar: