Demokrat Klaim Sebagai Inisiator Pembentuk Nama Koalisi Perubahan

Laporan: Juven Martua Sitompul
Kamis, 12 Januari 2023 | 22:36 WIB
Ketum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono/SinPo.id
Ketum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono/SinPo.id

SinPo.id -  Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengeklaim partainya sebagai inisiator pembentuk nama koalisi perubahan. Bahkan, istilah perubahan diklaim AHY sudah digaungkan Demokrat jauh sebelum koalisi terbentuk.

"Justru kami termasuk yang pertama menginisiasi dan menggelorakan semangat perubahan dan perbaikan, jadi kuat narasi kami di situ bisa dicek rekaman, rekaman sejarahnya," kata AHY di Kantor DPP Partai Demokrat, Jakarta, Kamis, 12 Januari 2023.

Menurut AHY, nama perubahan didapat berdasarkan hasil dialog dengan rakyat. Dia yakin ada banyak hal yang harus diubah dan diperbaiki dari negara ini.

"Katena sekali lagi atas apa yang kami amati, dan hasil berdialog dengan rakyat kami meyakini bahwa banyak aspek, banyak hal di sana-sini yang bisa dan harus kita lakukan perubahan dan perbaikan," kata dia.

Untuk itu, dia menekankan tidak ada boleh ada parpol yang mendominasi dalam koalisi perubahan. Koalisi yang terdiri dari Partai NasDem, Demokrat, dan PKS harus memberi ruang kepada satu sama lain untuk menyampaikan aspirasi atau pendapat.

"Yang jelas begini kami juga setuju bahwa tidak boleh dalam ikhtiar membangun koalisi ada yang saling memaksakan kehendak, ada yang saling memaksakan diri, contoh memaksakan itu begini, pokoknya wajib si A, itu maksa. Apa pun ceritanya saya enggak perlu tahu urusan atau alasannya yang penting si A atau sebaliknya, saya enggak perlu tahu alasannya yang penting jangan si A, sama-sama memaksa. Kami sepakat untuk tidak seperti itu sebenarnya," ucap dia.

Dia ingin koalisi yang terbentuk saat ini benar-benar membawa perubahan bagi Indonesia. Terpenting, menjadi poros yang bisa menampung keingingan rakyat.

"Sebuah poros alternatif, sebuah poros perubahan, yang bisa membawa aspirasi dan harapan masyarakat Indonesia, karena kami ingin meyakinkan Indonesia bisa berubah lebih baik tentunya dan melalui koalisi ini mudah-mudahan terbuka jalan itu," tegas AHY.sinpo

Komentar: