Ditahan KPK, Demokrat Beri Dukungan untuk Lukas Enembe

Laporan: Juven Martua Sitompul
Kamis, 12 Januari 2023 | 18:32 WIB
Lukas Enembe/SinPo.id
Lukas Enembe/SinPo.id

SinPo.id -  Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) memberikan dukungan kepada Gubernur Papua Lukas Enembe usai ditangkap dan ditahan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Lukas diharap mendapat keadilan selama proses penyidikan hingga vonis.

"Sejak awal kami ingin yakinkan, setiap orang, setiap warga negara memiliki hak untuk mencari keadilan di negerinya sendiri. Oleh karena itu, kami juga memberikan ruang itu kepada Bapak Lukas Enembe, kita tentu prihatin dan sekaligus memberikan doa dan support semoga," kata AHY di Kantor DPP Partai Demokrat, Jakarta, Kamis, 12 Januari 2023.

AHY berharap Lukas diberikan kesehatan untuk menghadapi proses hukum. Di sisi lain, Lembaga Antirasuah diminta memberikan perhatian khusus kepada kesehatan Lukas. 

"Setelah itu bisa menjalani segala hal termasuk proses hukum yang tengah dijalankan," ucap dia.

Di sisi lain, dia meminta warga Bumi Cenderawasih tidak anarkis. Terpenting, menyerahkan proses hukum yang berjalan di Komisi Antikorupsi.

"Jadi kami jelas sejak awal, kami juga berharap bahwa masyarakat Papua juga bisa dengan baik menerima situasi ini, tetap tenang dan juga bisa memberikan ruang agar proses hukum bisa dijalankan dengan baik," tegas AHY.

KPK menangkap paksa Gubernur Papua Lukas Enembe. Lukas ditangkap setelah menyandang status tersangka kasus dugaan suap dan gratifikasi terkait pekerjaan atau proyek yang bersumber dari APBD Provinsi Papua.

Lukas ditangkap saat tengah makan siang di daerah Kotaraja, Jayapura. Lukas saat ini telah ditahan KPK.sinpo

Komentar: