Komnas PA Dorong Pemprov DKI Prioritaskan Perlindungan Anak

Laporan: Khaerul Anam
Rabu, 11 Januari 2023 | 13:31 WIB
Ilustrasi/pixabay
Ilustrasi/pixabay

SinPo.id -  Komisi Nasional (Komnas) Perlindungan Anak (PA) meminta Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta memprioritaskan perlindungan anak di Ibu Kota.

Hal itu berkaca pada kasus penculikan yang dialami Malika Anastasya, bocah berusia enam tahun di Gunung Sahari, Jakarta Pusat beberapa waktu lalu.

“Harus ada prioritas bagaimana menangani gerakan-gerakan perlindungan anak yang berbasis masyarakat, berbasis keluarga dan berbasis kepentingan anak,” kata Ketua Komnas PA Arist Merdeka Sirait dalam keterangannya yang diterima, Rabu, 11 Januari 2023.

Arist menjelaskan, berdasarkan catatan lembaganya, sebanyak 21 persen anak-anak di Ibu Kota masih terlantar dan belum mendapatkan perhatian dari pihak Pemprov DKI Jakarta.

Angka itu juga ditambah dengan masih banyaknya tindak kekerasan terhadap anak yang masih kerap terjadi.

“Situasi di jakarta saat ini sangat mengkhawatirkan bagi anak-anak, apakah itu perdagangan manusia, penculikan, perbudakan seks, anak jalanan itu cukup tinggi di DKI Jakarta,” ujarnya.

Arist berharap Pemprov DKI Jakarta dibawah kepemimpinan Pj Heru Budi Hartono bisa lebih memprioritaskan perlindungan anak, sehingga ke depannya tidak ada lagi kasus kekerasan maupun tindak kejahatan lainnya.

“Jadi kehadiran Pemprov DKI itu harus memprioritaskan bagaimana melindungi anak dari segala bentuk kekerasan, eksploitasi yang sangat menakutkan sekarang ini,” tandasnya.

Sebelumnya, Bocah berusia enam tahun menjadi korban penculikan di Gunung Sahari, Jakarta Pusat. Penculikan diketahui terjadi pada Rabu, 7 Desember 2022.

Aksi penculikan dilakukan seorang pria misterius yang memakai pakaian serba hitam dan topi lalu muncul dan mendekati korban. Pelaku penculikan dan korban lalu naik ke sebuah bajaj dan meninggalkan lokasi.

Aksi penculikan itu sempat terekam oleh CCTV yang ada disekitar lokasi. videonya pun viral tersebar di media sosial.

Kemudian aparat kepolisian berhasil menangkap pelaku penculikan bocah tersebut di wilayah Ciledung, Tanggerang Selatan pada Senin malam, 2 Januari 2023.sinpo

Komentar: