Omicron Jenis Baru Tersebar, WHO Ingatkan Penerbangan Jarak Jauh Wajib Masker

Laporan: Galuh Ratnatika
Rabu, 11 Januari 2023 | 12:32 WIB
Ilustrasi/pixabay
Ilustrasi/pixabay

SinPo.id -  Pejabat Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan seluruh negara untuk mempertimbangkan aturan wajib memakai masker bagi penumpang penerbangan jarang jauh lantaran munculnya subvarian omicron terbaru dari Covid-19 di Amerika Setikat.

Berdasarkan data dari WHO, subvarian XBB.1.5 yang terdeteksi paling menular sejauh ini, telah menyumbang 27,6 persen kasus COVID-19 di Amerika Serikat. Sementara di Eropa, penularan terdeteksi dalam jumlah kecil, namun terus bertambah.

"Ini harus menjadi rekomendasi yang dikeluarkan untuk penumpang yang datang dari mana saja, khususnya di mana ada penyebaran COVID -19 transmisi," kata petugas darurat senior WHO untuk Eropa, Catherine Smallwood, yang menyarankan penumpang memakai masker, dilansir dari Reuters, Rabu 11 Januari 2023.

Meski demikian, para ahli belum dapat memastikan apakah XBB.1.5 akan menyebabkan gelombang infeksi secada global. Karena vaksin saat ini dikatakan dapat terus melindungi dari gejala parah, seperti rawat inap dan kematian.

Seperti diketahui, XBB.1.5 adalah turunan lain dari Omicron, varian virus penyebab COVID-19 yang paling menular dan saat ini dominan secara global, serta memicu serentetan kasus baru di Amerika Serikat dan sekitarnya, di tengah lonjakan kasus di China.
sinpo

Komentar: