15 Wilayah di DKI Berpotensi Alami Pergerakan Tanah, Salah Satunya Menteng

Laporan: Khaerul Anam
Rabu, 11 Januari 2023 | 09:06 WIB
Peta pergerakan tanah di DKI/Pemprov DKI
Peta pergerakan tanah di DKI/Pemprov DKI

SinPo.id -  Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI mengimbau warga waspada adanya potensi pergerakan tanah yang terjadi di sejumlah wilayah di Jakarta pada bulan Januari 2023.

Terdapat 15 wilayah yang berpotensi terjadi gerakan tanah yang masuk kedalam zona menengah. Pergerakan tanah diperkirakan terjadi ketika curah hujan diatas normal.

“Kepada lurah, camat dan masyarakat diimbau untuk tetap mengantisipasi adanya potensi gerakan tanah pada saat curah hujan di atas normal,” kata Kepala Pelaksana BPBD DKI Jakarta Isnawa Adji, Rabu, 11 Januari 2023.

Isnawa mengungkapkan, potensi pergerakan tanah ini diketahui berdasarkan perkiraan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

"Prakiraan wilayah potensi terjadi gerakan tanah disusun berdasarkan hasil tumpang susun (overlay) antara peta zona kerentanan gerakan tanah dengan peta prakiraan curah hujan bulanan yang diperoleh dari BMKG," ucap Isnawa.

Berdasarkan data Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), beberapa daerah di Provinsi DKI Jakarta yang berada di Zona menengah, yaitu :

1. Jakarta Pusat
- Kecamatan Menteng.

2. Jakarta Selatan

- Kecamatan Cilandak; Jagakarsa; Kebayoran Baru; Kebayoran Lama; Mampang Prapatan; Pancoran; Pasar Minggu; Pesanggrahan; dan Tebet.

3. Jakarta Timur

- kecamatan Cakung; Keramat Jati; Matraman; Pasar Rebo; dan Pulo Gadung.sinpo

Komentar: