Rocky Gerung Sebut Impor Beras Membuat Petani Merugi

Laporan: Sinpo
Kamis, 29 Desember 2022 | 20:13 WIB
Pengamat Politik, Rocky Gerung/Nett
Pengamat Politik, Rocky Gerung/Nett

SinPo.id -  Pengamat Politik, Rocky Gerung menyebut banyak petani yang merugi akibat kebijakan pemerintah dalam mengimpor beras. Hal itu seperti yang terlihat dalam berbagai video viral yang memperlihatkan para petani meminta tolong pada Presiden Jokowi.

"Banyak video yang menunjukkan petani berteriak Pak Jokowi tolong kami. Dan itu ada di mana-mana. Jadi apapun istilahnya mau dibilang efisiensi atau skala ekonominya masih bisa dipertahankan tetap saja impor beras itu telah menyakiti dan menghancurkan petani," ujar Rocky dalam chanel youtube miliknya, Rocky Gerung Official.

Rocky mengatakan, kebijakan impor merupakan rezeki nomplok bagi segerombolan rente mafia Indonesia. Skandal inilah yang pada akhirnya dipantau dunia internasional dan memunculkan laporan beras termahal di kawasan Asean.

"Karen begitu disebut impor di otak kita pertama tama bukan mensuplay surplus untuk buffer stok Bulog. jadi orang langsung menghitung satu butir beras itu para importir dapat untung 2 perak. Dan pasti ini urusan dengan permainan politik dana siluman. Jadi skandal ini yang terus dipantau internasional," katanya.

Bagi Rocky, politik pangan semacam ini harus dihentikan mengingat pada saat awal terpilih Presiden Jokowi sudah mengingatkan agar Indonesia mempu mewujudkan ketahanan pangan nasional. Ketahanan pangan artinya tidak melakukan impor namun memperkuat produksi dalam negeri.

"Tujuh tahun lalu Presiden bilang kita tidak mau impor dan pangan kita bisa kita kirim untuk bantuan. Kan sudah pernah Indonesia kirim bantuan ke India. Jadi sekali lagi politik pangan ini betul-betul dipolitisir.” jelasnya.

Dalam chanel ini, Rocky juga menampilkan video seorang petani kecil asal Cirebon yang meminta tolong kepada Presiden Jokowi agar menyetop kebijakan impor beras. Sang petani beralasan sejak impor dilakukan harga beras jatuh ke titik yang paling memprihatinkan.

"Pak jokowi kami ini orang kampung harga gabah turun drastis, obat obatan mahal, pupuk mahal, pak jokowi beras impor stop dulu kasian petani pak jokowi," katanya.sinpo

Komentar: