Kominfo Diminta Tetap Maksimalkan Pelayanan Internet Selama Nataru

Laporan: Juven Martua Sitompul
Rabu, 28 Desember 2022 | 15:54 WIB
Ilustrasi jaringan internet/ Pixabay
Ilustrasi jaringan internet/ Pixabay

SinPo.id - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) didorong tetap melayani trafik layanan telekomunikasi atau akses internet di tengah perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023 dengan baik. Kebutuhan jaringan internet semua operator telekomunikasi harus terpenuhi.

"Mendorong Kominfo untuk tetap melayani trafik layanan telekomunikasi ataupun akses internet dengan baik, dan melalui sejumlah operator telekomunikasi," kata Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) kepada wartawan, Jakarta, Rabu, 28 Desember 2022.

MPR meminta Kominfo melakukan langkah antisipatif untuk tidak menaikkan tarif layanan guna menghadapi lonjakan telekomunikasi. Mulai dari meningkatkan kapasitas bandwidth, kapasitas internet gateway, hingga menambah BTS dan Combat BTS di pusat keramaian.

"Sehingga, diharapkan layanan tetap terjaga ketika terjadi lonjakan penggunaan akses pada saat bersamaan," kata dia.

Wakil Ketua Partai Golkar ini meminta Kominfo menginstruksikan kepada para penyelenggara layanan telekomunikasi seluler untuk terus berupaya melakukan penguatan kapasitas dan kualitas jaringan melalui penerjunan mobile BTS di lapangan. Lalu, mengerahkan personel untuk posko siaga dan drive test untuk optimasi jaringan.

"Serta pengawasan dan tindak lanjut gangguan melalui command center dan network center mulai dari jalur mudik, pusat perbelanjaan, pusat transportasi, area wisata, hingga tempat ibadah. Hal ini untuk mengantisipasi pertumbuhan broadband yang cukup signifikan pada momen Nataru," kata dia.

Terakhir, Bamsoet meminta komitmen Kominfo melalui pusat monitoring telekomunikasi untuk terus memantau kualitas layanan dan infrastruktur serta berupaya menjaga ketangguhan jaringan konektivitas.

"Sehingga, kualitas layanan telekomunikasi bisa diyakini berjalan dengan baik khususnya saat terjadinya lonjakan trafik layanan telekomunikasi," kata dia.

 sinpo

Komentar: