Puan Ingatkan Pentingnya Sosialisasi UU KUHP Agar Tak Salah Paham

Laporan: Galuh Ratnatika
Kamis, 15 Desember 2022 | 20:34 WIB
Puan Maharani/Tim Media
Puan Maharani/Tim Media

SinPo.id -  Menanggapi rencana mahasiswa yang akan menggelar aksi unjuk rasa terkait UU KUHP, Ketua DPR RI, Puan Maharani, mengingatkan pentingnya sosialisasi untuk memghindari adanya kesalahpahaman.

"Jadi sosialisasi penting sekali untuk dilaksakan sebaik-baiknya, sehingga tidak salah pemahaman tentang substansi isi KUHP terbaru," kata Puan kepada wartawan, di Kompleks DPR RI, Senayan, Jakarta, Kamis 15 Desember 2022.

Ia juga mengatakan apabila belum ada keselarasan terhadap isi dari UU KUHP itu sendiri, maka DPR akan memberikan masukan kepada pemerintah.

"Untuk menyatakan itu sesuai atau ada perbedaan, kita harus sama-sama baca dahulu isi KUHP terbaru. Kalau belum ada keselarasan, DPR akan membuka diri untuk memberi masukan pada pemerintah," ungkapnya.

Oleh karena itu, Puan meminta kepada pemerintah untuk melakukan sosialisasi, serta memberikan ruang kepada publik untuk memberi masukan, baik dari kalangan akademi atau pun pakar hukum.

"Kita punya waktu tiga tahun masa transisi. Masih ada waktu keselarasan pandangan untuk misalnya belum kita sama-sama pahami," kata Puan menambahkan.sinpo

Komentar: