Legislator Mendorong Pemerintah Fokus Bangun Rumah Korban Gempa Cianjur

Laporan: Juven Martua Sitompul
Senin, 12 Desember 2022 | 17:27 WIB
Presiden Jokowi saat meninjau contoh rumah tahan gempa di Cianjur/ Setkab
Presiden Jokowi saat meninjau contoh rumah tahan gempa di Cianjur/ Setkab

SinPo.id - Anggota Komisi V DPR Sri Wahyuni mendorong pemerintah segera memberikan rumah layak bagi korban gempa di Cianjur, Jawa Barat (Jabar). Hunian merupakan bagian penting yang harus diperhatikan pemerintah dalam penanganan pascabencana.

"Kita mendorong bagaimana korban-korban bencana ini mendapat tempat yang layak, karena sekarang tempat tinggal mereka hancur atau rusak, ini bagaimana harus cepat," kata Sri di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin, 12 Desember 2022.

Apalagi, kata Sri, korban gempa sejauh ini masih tinggal di tenda-tenda darurat. Bahkan, satu tenda terdiri dari puluhan kepala keluarga.

"Ini yang paling penting tempat tinggal yang layak, yang tidak berkumpul bergerombol seperti sekarang. Sekarang kan masih di tenda-tenda," kata Sri.

Politikus NasDem ini kembali menekankan pembangunan rumah layak bagi korban harus menjadi fokus pemerintah untuk sekarang. Menurut dia, rumah yang sederhana dan layak cukup membantu para korban.

"Diberikan semacam rumah sederhana saja yang penting mereka satu keluarga satu rumah, yang paling penting pembangunan rumah bagi korban," kata dia.

Di sisi lain, Sri meminta Badan Meteorologi, Klimatologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) untuk meningkatkan mitigasi ataupun edukasi terkait bencana. BMKG bisa mengevaluasi beberapa program yang sudah ada menjadi lebih inovatif dan terpenting mudah dipahami masyarakat.

Sri menekankan mitigasi diperlukan agar pemerintah bisa mengantisipasi bencana sedini mungkin. Bahkan, mitigasi ini bisa memperkecil kemungkinan adanya korban dari bencana alam yang belakangan melanda beberapa wilayah di Tanah Air.

"Sejauh ini sudah cukup tapi perlu ditingkatkan supaya tadi dampaknya tidak terlalu besar," tegas Sri.

 

BERITALAINNYA
BERITATERKINI