Ledakan Tambang Batu Bara di Sumbar, Polri Sebut Empat Orang Tewas

Laporan: Sinpo
Jumat, 09 Desember 2022 | 20:53 WIB
Kadiv Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo/ Humas
Kadiv Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo/ Humas

SinPo.id - Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo menyebut empat orang meninggal dunia dalam insiden meledaknya lubang tambang batu bara milik PT NAL. Insiden ini terjadi di Kecamatan Talawi, Kota Sawahlunto, Sumatera Barat, Jumat, 9 Desember 2022.

Saat ini Polres Sawahlunto dan Polda Sumatra Barat masih mendalami ihwal musabab kejadian ini. 

"Terdapat 15 orang pekerja lubang dalam, yang berhasil keluar sembilan orang, dengan rincian lima luka-luka, empat meninggal. Sementara enam lainnya masih dalam proses evakuasi," jelas Dedi.

Mulanya, kata Dedi, sekitar pukul 09.00 WIB, pekerja memulai aktivitas penambangan yang dipimpin Kepala Teknik Tambang (KTT) PT NAL, Dian Firdaus. Namun, lubang mengeluarkan kepulan asap dan diiringi letupan kecil dari dalam lubang tambang.

"Pada saat letupan terjadi beberapa pekerja sudah ada yang masuk ke dalam lubang. Selanjutnya KTT memerintahkan kepala lubang untuk melakukan pengecekan ke dalam lubang," jelasnya.

Menurut Dedi, pihak kepolisian sudah mengamankan TKP dan mengumpulkan sejumlah keterangan dan data ihwal kecelakaan. Para korban juga telah dilarikan ke rumah sakit. Polisi belum dapat memastikan penyebab ledakan.

"Fokus utama saat ini adalah evakuasi korban di lubang tambang batu bara dahulu," pungkasnya.sinpo

Komentar: