Rentan Bencana, Legislator: Penanganan dan Kewaspadaan Harus Ditingkatkan

Laporan: Juven Martua Sitompul
Jumat, 09 Desember 2022 | 12:36 WIB
Salah satu bencana di Indonesia, erupsi gunung Semeru/BNPB
Salah satu bencana di Indonesia, erupsi gunung Semeru/BNPB

SinPo.id -  Anggota Komisi V DPR RI Novita Wijayanti berharap penanganan evakuasi bencana di Tanah Air berjalan maksimal. Penanganan setelah bencana penting agar duka yang dirasakan korban tidak berlarut.

"Kehadiran dan perhatian para pihak pihak terkait, terutama pemerintah pusat maupun daerah dalam penanganan bencana sangat dibutuhkan saudara-saudara kita saat ini," kata Novita kepada awak media di Jakarta, Kamis, 9 Desember 2022.

Novita bahkan menyebut perhatian khusus harus diberikan kepada wilayah yang mengalami kerusakan parah. Termasuk, sulit terjangkau.

Dia juga mengingatkan Indonesia merupakan salah satu negara di dunia yang rentan terjadi bencana alam. Berdasarkan data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), tercatat 3.322 peristiwa bencana alam yang terjadi di seluruh wilayah Indonesia sejak awal tahun hingga 6 Desember 2022.

Untuk itu, Novita menilai perlu adanya peningkatan mitigasi dalam upaya penanganan antisipasi. Terutama, bagi wilayah yang rentan terjadinya bencana alam.

Terlebih, kata Novita, belakangan ini cuaca ekstrem termasuk intensitas curah hujan yang tinggi juga perlu diwaspadai.

"Masyarakat harus peduli akan informasi yang diberikan pemerintah atau stakeholder terkait mengenai perkembangan cuaca. Seperti yang kerap disampaikan BMKG mengenai perkiraan cuaca setiap harinya," ujar legislator dari Dapil Banyumas-Cilacap, Jawa Tengah ini.

Dalam kesempatan itu, Novita mengapresiasi yang setinggi-tingginya kepada para petugas maupun relawan yang terus mengupayakan penanganan dan pemulihan kepada para korban. Dia juga menyampaikan duka mendalam kepada para korban bencana alam yang terjadi di sejumlah daerah di Indonesia.

"Semoga apa yang dilakukan dapat meringankan dan memberikan manfaat tidak hanya bagi korban, melainkan masyarakat Indonesia pada umumnya. Sebagai anggota dewan yang duduk di Komisi V DPR, akan terus memberikan perhatian akan penanganan yang dilakukan di lapangan," tegas dia.
sinpo

Komentar: