DPR Minta Gibran dan Ganjar Usut Tuntas Penambangan Liar di Solo

Laporan: Galuh Ratnatika
Kamis, 08 Desember 2022 | 17:30 WIB
Ilustrasi penambangan liar/ Wikipedia
Ilustrasi penambangan liar/ Wikipedia

SinPo.id - Anggota Komisi VII DPR RI, Mulyanto, meminta Walikota Solo, Gibran Rakabuming dan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, untuk melapir kepada aparat kepolisian terkait penambangan liar di Solo.

Ia berharap Wali Kota Solo dan Gubernur Jateng menggunakan wewenangnya secara penuh untuk menertibkan tindakan melawan hukum tersebut. Caranya, dengan melaporkan nama-nama beking orang besar di balik penambangan liar.

"Ini isu sederhana. Semua sudah ada aturannya. Pemerintah daerah maupun pemerintah pusat sudah diatur kewenangannya masing-masing. Tinggal dijalankan," kata Mulyanto, Kamis 8 Desember 2022.

Menurutnya, apabila benar ditemukan pelanggaran di lapangan terkait beking orang besar, maka sudah selayaknya Pemerintah Daerah melaporkannya ke aparat berwenang.

Selain itu, ia juga meminta Pemerintah Daerah meningkatkan koordinasi dengan Pemerintah Pusat untuk menertibkan penambangan liar di wilayahnya, agar oknum-oknum pejabat yang menjadi beking tidak dapat leluasa melancarkan aksinya.

"Kekayaan alam indonesia yang semestinya dapat memakmurkan, terkesan hanya menjadi bancakan oknum. Ini tidak sehat secara ekonomi dan politik," tegasnya.

Oleh karena itu, kata Mulyanto, Pemerintah harus bertindak tegas kepada oknum beking penambangan liar, untuk memberantas secara tuntas semua perbuatan melawan hukum tersebut.

"Usut semua, mulai dari operator lapangan, jaringan sampai ke dalangnya. Jangan kasih kendor," katanya menambahkan.sinpo

Komentar: