Puan Akui Qatar Mitra Strategis Indonesia di Sektor Perdagangan

Laporan: Galuh Ratnatika
Senin, 05 Desember 2022 | 13:55 WIB
Ketua DPR RI Puan Maharani/ SinPo.id/ Galuh Ratnatika
Ketua DPR RI Puan Maharani/ SinPo.id/ Galuh Ratnatika

SinPo.id - Ketua DPR RI, Puan Maharani, mengatakan Qatar dalam hubungan ekonomi merupakan mitra strategis Indonesia di sektor perdagangan, walaupun neraca perdagangan Indonesia dinilai masih defisit.

Pasalnya, selama periode Januari sampai Juli 2022, nilai perdagangan Indonesia-Qatar mencapai 758 juta dolar Amerika, naik hampir 30 persen dari tahun sebelumnya.

“Saya berharap kita bisa terus mendorong peningkatan arus perdagangan kedua negara. Dalam kesempatan ini, saya juga ingin menyampaikan dukungan untuk peningkatan investasi Qatar di Indonesia,” kata Puan dalam pertemuan bilateral dengan Ketua Majelis Syuro Qatar, Hassan bin Abdullah Al-Ghanim, dikutip Senin 5 Desember 2022.

Menurutnya, peluang peningkatan investasi Qatar di Indonesia disebut dapat dilakukan dengan keterlibatan Qatar Investment Authority (QIA) pada berbagai proyek investasi di Indonesia.

Hal itu menjadi salah satu isu prioritas mengingat jumlah WNI di Qatar mencapai 16.690 orang per Oktober 2020. Telebih ada banyak pekerja profesional Indonesia di Qatar yang bekerja di sektor migas, tenaga medis, perhotelan, pilot, dan pramugari.

“Saya mengharapkan perhatian dan dukungan Dewan Syuro agar para pekerja migran Indonesia di Qatar dapat bekerja dengan baik dan terlindungi haknya,” ungkapnya.

Selain itu, kata Puan, untuk memperkuat kerja sama yang baik antara Indonesia dan Qatar, dibutuhkan dukungan yang kuat dari parlemen kedua negara, dan selama ini, hubungan DPR RI dengan Majelis Syuro Qatar telah terjalin dengan baik.

“Kita ingin membangun hubungan bilateral yang kuat berdasar hubungan saling pengertian, saling menghargai, dan saling menguntungkan,” katanya menambahkan.sinpo

Komentar: