Dewan Pers SinPo

Ricky Rizal Sebut Ferdy Sambo Pakai Identitasnya untuk Beli Kendaraan Mewah

Laporan: Sigit Nuryadin
Senin, 05 Desember 2022 | 13:34 WIB
Ricky Rizal saat sidang pembunuhan Brigadir J di PN Jaksel/ SinPo.id/ Ashar SR
Ricky Rizal saat sidang pembunuhan Brigadir J di PN Jaksel/ SinPo.id/ Ashar SR

SinPo.id - Terdakwa pembunuhan berencana Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J, Ricky Rizal Wibowo menyebut, Ferdy Sambo memakai namanya untuk pembelian kendaraan. Sambo juga membuat rekening bank berisi ratusan juta rupiah atas nama Ricky.

Ricky mengatakan, Sambo Sempat membeli sepeda motor atas namanya, saat dirinya berdinas di Brebes. Tetapi dia tidak mengetahui kenapa eksKadiv Propam Polri itu menggunakan identitasnya untuk pembelian motor tersebut.

"Waktu sekitar bulan Februari yang mulia, saya karena ada kendaraan yang dulu memang dari Brebes dibeli atas nama saya yang mulia," ujar Ricky saat menjadi saksi terdakwa Kuat Ma’ruf dan Richard Eliezer dalam persidangan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Senin, 5 Desember 2022.

"Tadi FS beli motor atas nama saudara?" tanya hakim.

"Siap," jawab Ricky.

"Kenapa?," tanya hakim lagi.

"Kurang tahu," kata Ricky.

Kemudian, majelis hakim mulai menggali soal rekening Ricky yang menyimpan uang ratusan juta rupiah milik Ferdy Sambo. 

Sebagai informasi, dalam persidangan sebelumnya terungkap ada uang Rp600 juta di rekening Bank Negara Indonesia (BNI) Ricky Rizal.

Ricky mengaku, dirinya memiliki dua rekening untuk menampung uang Ferdy Sambo. Ricky mengatakan uang itu diperuntukan pembayaran kebutuhan bulanan rumah tangga di rumah Magelang. 

Dia pun juga mengatakan memiliki dua rekening Bank Central Asia (BCA) dan satu rekening BNI atas namanya. Rekening tersebut menampung uang Ferdy Sambo.

"Lah, tapi di BNI saudara sudah diberikan uang Rp600 juta?" tanya hakim 

"Rp400 juta Yang Mulia, terus ditambah pemindahan itu jadi Rp600 juta," jawab Ricky.

"Rekening BCA ada berapa?" tanya hakim.

"Saya tidak hapal yang mulia," jawab Ricky.

"Lebih dari Rp 100 juta?" cecar hakim.

"Sepertinya begitu," kata Ricky.

“Kenapa tidak pakai rekening atas nama FS, malah pakai nama saudara?” cecar hakim.

“Saya kurang tahu,” ujar Ricky.

Diketahui Ricky Rizal dituntut dengan dakwaan primer Pasal 340 KUHP jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP subsider Pasal 338 KUHP jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.

Dalam surat dakwaannya, JPU menuduh Ricky mengetahui dan membantu Ferdy Sambo dalam pembunuhan Yosua di rumah dinasnya pada 8 Juli lalu. Ferdy Sambo disebut marah setelah mendengar keterangan sepihak dari istrinya, Putri Candrawathi yang mengaku dilecehkan Yosua di Magelang pada 7 Juli 2022. Ia pun lantas memanggil ajudannya Ricky Rizal menggunakan handie talkie (HT) ke lantai tiga. sinpo

Komentar:
BONGKAR
Aplikasi Sinpo
POJOK SINPO
Koran Sin Po edisi 14 Januari 1939 menulis berita “Super Microscoop”. Laporan tekhnologi itu menyebutkan laboratorium Jtlectron-Optisch dari Siemens & Halske di Duitschland telah telah mengumumkan satu temuan tekhnologi yang mampu melihah micro-organisme dan benda micro-inorganisch yang disebut alat super-microscoop.
- Koran Sin Po
BERITATERPOPULER