Peringatan Hari Disabilitas Internasional, Baznas DKI Gelar Jakarta Cinta Disabilitas

Laporan: Zikri Maulana
Jumat, 02 Desember 2022 | 07:33 WIB
Jakarta Cinta Disabilitas/net
Jakarta Cinta Disabilitas/net

SinPo.id -  Baznas Provinsi DKI Jakarta akan menggelar kegiatan bertajuk Jakarta Cinta Disabilitas dalam rangka memperingati Hari Disabilitas Internasional. Kegiatan ini bakal diisi dengan Job Fair dan beragam kegiatan ramah disabilitas lainnya.

Wakil Ketua II Baznas (Bazis) DKI Jakarta Sa’at Suharto menyampaikan, kegiatan Job Fair Disabilitas ini bakal digelar di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat pada Sabtu 3 Desember 2022. Sebanyak 20 perusahaan dari BUMD DKI Jakarta dan swasta akan turut serta dalam kegiatan ini.

“Job fair ini memang bukan hal yang baru, tapi hal yang pertama di Jakarta karena sebelumnya pernah di Bandung,” ujar Sa’at kepada wartawan di Jakarta, dikutip Jumat 2 Desember 2022.

Ia menyampaikan, saat ini sudah ada sebanyak lima BUMD yang terkonfirmasi ikut dalam job fair tersebut. Yakni, PT Jakarta Propertindo (Jakpro), PT Bank DKI, PT MRT Jakarta, Perumda Pembangunan Sarana Jaya dan Perumda Pasar Jaya.

Namun, kata Sa'at, terkait kuota lowongan kerja bagi penyandang disabilitas nantinya, pihak Baznas masih belum dapat mengkonfirmasi jumlahnya. Kendati demikian, ia menjelaskan, untuk kategori pekerjaan bagi kalangan disabilitas, perusahaan biasanya mencari pekerja dengan kategori ringan.

“Perusahaan-perusahaan kelihatannya masih memilih disabilitas yang ringan, misalnya cukup tangannya saja yang kena atau yang lain sebagainya, tetapi kalau tuna netra dan sebagainya itu memang butuh komitmen yang agak banyak,” katanya.

Selain Job Fair, Baznas juga mengadakan tujuh kegiatan lainnya, pertama bantuan 25 Quran braille dan 350 Quran murottal digital untuk penyandang disabilitas. Kedua, Bedah Rume kepada penyandang disabilitas yang dhuafa di Jakarta, ketiga pelatihan kerja disabilitas content creator dan graphic design.

Kemudian keempat lomba mural khusus penyandang disabilitas di Terowongan Kendal, kelima pembuatan atau perpanjangan SIM D/D1 disabilitas. Selanjutnya, keenam pemberian lengan bionik dan lutut prostetik sehingga mereka bisa beraktivitas untuk berkarya dan berdaya, serta ketujuh Pekan Bagi Borong yang merupakan membeli dagangan penyandang disabilitas yang kemudian dibagian untuk orang dhuafa.

“Tujuan Baznas menyelenggarakan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan awareness (kepedulian) terhadap disabilitas di tengah masyarakat sehingga mereka dapat memiliki akses yang sama dengan non disabilitas dalam pemenuhan kebutuhan dasar hidup,” kata Sa'at.

“Bagi teman-teman disabilitas yang berminat bisa mendaftar melalui link https://bit.ly/jobfairdisabilitas2022,” lanjutnya. 






sinpo

Komentar: