Dewan Pers SinPo

Gagal Ginjal Akut di Jakarta, Dinkes DKI: Masih Ada Yang Dirawat

Laporan: Zikri Maulana
Rabu, 23 November 2022 | 18:28 WIB
Ilustrasi gagal ginjal/ Pixabay
Ilustrasi gagal ginjal/ Pixabay

SinPo.id - Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta menyampaikan tidak ada penambahan kasus baru gagal ginjal akut terhadap anak di Ibu Kota sejak akhir bulan Oktober 2022. 

"Sejak akhir Oktober atau awal November tidak ada penambahan kasus baru untuk di DKI Jakarta," kata Kepala Dinkes DKI, Widyastuti, di Jakarta Rabu 23 November 2022. 

Kendati demikian Widyastuti menuturkan, masih ada pasien yang masih menjalani perawatan di fasilitas layanan kesehatan yang ada di Jakarta. Namun, pasien dirawat tidak hanya warga dari Jakarta melainkan ada juga dari luar Ibu Kota. 

"Masih ada yang di rawat, kami pantau di fasilitas layanan kesehatan yang ada di DKI. Kan yang dirawat bukan hanya dari warga DKI, ada juga warga dari luar DKI," tuturnya. 

Lebih lanjut, Widyastuti memastikan, kendati masih ada pasien dirawat, saat ini kasus gagal ginjal akut misterius yang menyerang anak-anak di Jakarta sudah dapat terkendali. 

"Nah teman-teman kami di fasilitas kesehatan (Faskes) masih terus melakukan perawatan dan kita pastikan aman dan terkendali," kata Widyastuti. 

Sebelumnya, Widyastuti menegaskan tidak ada penambahan kasus gagal ginjal akut misterius di DKI Jakarta sejak 31 Oktober 2022 lalu. Berdasarkan data terakhir per 8 November 2022, tercatat ada 154 kasus gagal ginjal akut di DKI Jakarta. 

Selain itu, kata dia, berdasarkan hasil hospital record review (HRR) di fasilitas kesehatan yang ada di Ibu Kota, tidak ditemukan kasus baru yang berasal dari Jakarta. sinpo

Komentar: