Jokowi Ajak Pemimpin APEC Tetap Optimis Hadapi Resesi Perekonomian Global

Laporan: Galuh Ratnatika
Minggu, 20 November 2022 | 16:50 WIB
Presiden Joko Widodo atau Jokowi saat pertemuan APEC (SinPo.id/Dok Ekon)
Presiden Joko Widodo atau Jokowi saat pertemuan APEC (SinPo.id/Dok Ekon)

SinPo.id -  Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengajak seluruh pemimpin negara anggota APEC tetap optimis dalam menghadapi peningkatan risiko resesi yang masih membayangi perekonomian global.  

Dalam jangka pendek, menurut Jokowi  diperlukan kolaborasi untuk mengatasi inflasi dan memastikan ketahanan pangan, melalui inovasi teknologi dan digitalisasi guna meningkatkan produktivitas dan efisiensi sistem pangan dalam kerangka kebijakan yang inklusif dan berkelanjutan.

"Sedangkan dalam jangka panjang, perlu dilakukan penguatan kemitraan ekonomi digital dan ekonomi hijau," kata Jokowi, dalam pertemuan tingkat tinggi APEC di Bangkok, dikutip Minggu 20 November 2022.

Pasca pandemi, ekonomi digital telah memberikan manfaat besar bagi pemulihan ekonomi yang inklusif. Sehingga, kolaborasi antara negara dalam pembangunan ekosistem ekonomi digital yang ramah bagi UMKM dan start-up sangat dibutuhkan.

Pada kesempatan yang sama, Presiden Jokowi juga menyampaikan dukungannya terhadap The Bangkok Goals for the Bio-Circular-Green Economy (BCG).

Menurut Jokowi, ekonomi hijau merupakan jalan menuju pemulihan ekonomi berkelanjutan. Sedangkan ekonomi APEC telah menggunakan lebih dari USD90 miliar untuk berbagai proyek hijau di kawasan.

“Namun nilai tersebut masih perlu ditingkatkan dan dimanfaatkan untuk tujuan bersama," kata Jokowi menjelaskan.sinpo

Komentar: