Dewan Pers SinPo

Profil Haedar Nashir Ketum PP Muhammadiyah Periode 2022-2027

Laporan: Khaerul Anam
Minggu, 20 November 2022 | 16:59 WIB
Ketua PP Muhammadiyah Haedar Nashir  (SinPo.id/Muhammadiyah.org)
Ketua PP Muhammadiyah Haedar Nashir (SinPo.id/Muhammadiyah.org)

SinPo.id -  Haedar Nashir kembali terpilih sebagai Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah periode 2022-2027 dalam sidang Muktamar ke-48 Muhammadiyah, di Auditorium Djazman Al Kindi, Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Minggu 20 November 2022.

Terpilihnya Haedar Nashir berdasarkan rapat dari 13 formatur atau anggota pimpinan pusat yang terpilih pada rangkaian sidang Tanwir Muktamar ke-48 Muhammadiyah melalui e-voting.

Pada sidang Tanwir lanjutan untuk menjaring 13 nama pengurus pusat, nama Haedar Nashir melesat dengan mengumpulkan suara terbanyak, diikui Abdul Mu'ti serta Anwas Abbas dalam tiga besar perolehan suara terbanyak.

Haedar Nashir merupakan Ketua Umum PP Muhammadiyah periode 2015-2020, yang terpilih pada Muktamar di Makassar, pada Jumat, 7 Agustus 2015 lalu.

Nama Haedar Nashir sangat dikenal di internal Muhammadiyah, terutama di kalangan aktivis Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM). Ia pernah menjabat sebagai Sekretaris ketika Ahmad Syafii Maarif menjabat Ketua Umum IMM.

Haedar lahir di Bandung, 25 Februari 1958. Masa kecil dihabiskan di kota kelahirannya itu. Menamatkan Madrasah Ibtidaiyah di Ciparay, Bandung, Haedar kemudian melanjutkan pendidikan di Pesantren Cintawana, Tasikmalaya. Ia kemudian kembali ke kota kembang untuk melanjutkan pendidikannya di SMA Negeri 10 Bandung.

Setelah menamatkan SMA di Bandung, Haedar merantau ke Yogyakarta untuk meraih gelar serjananya di Sekolah Tinggi Pembangunan Masyarakat Desa (STPMD) Yogyakarta. Ia kemudian melanjutkan pendidikan untuk mendapat jenjang S2 dan S3 di Universitas Gadjah Mada. Gelar magister dan doktor di bidang sosiologi didapatkan Haedar di UGM.

Awal Berkiprah di Muhammadiyah

Perjalanannya di Muhammadiyah dimulai pada tahun 1983 saat mendaftar menjadi anggota dengan nomor anggota 545549. Di Muhammadiyah, ia pernah menjadi Ketua I Pimpinan Pusat Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) periode 1983-1986. Ia juga pernah menjadi pengurus Departemen Kader PP Pemuda Muhammadiyah periode 1985-1990.

Di Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Haedar mengawalinya dengan menjadi Ketua Badan Pendidikan Kader tahun 1985-1995. Kemudian Haedar menjadi Pembinaan Angkatan Muda Muhammadiyah pada periode 1995-2000.

Di bawah kepemimpinan dua periode Din Syamsuddin sebagai Ketua PP Muhammadiyah pada rentang tahun 2005-2015, Haedar menjadi bagian sebagai seorang Ketua di PP Muhammdiyah.

Sebagai Seorang Penulis Produktif

Haedar Nashir juga dikenal sebagai penulis yang produktif. Selain menulis buku, ia juga aktif menulis berbagai karya tulis ilmiah baik berupa buku maupun artikel yang dimuat di berbagai media massa. Bahkan, ia pun menjabat sebagai Pemimpin Redaksi majalah Sinar Muhammadiyah.

Tercatat telah banyak buku yang ditulis oleh Haedar Nashir mulai tentang budaya, politik agama, kemanusiaan hingga buku keIslaman khususnya Muhamamidyah hingga ekonomi.

 sinpo

Komentar:
BONGKAR
Aplikasi Sinpo
POJOK SINPO
Koran Sin Po edisi 14 Januari 1939 menulis berita “Super Microscoop”. Laporan tekhnologi itu menyebutkan laboratorium Jtlectron-Optisch dari Siemens & Halske di Duitschland telah telah mengumumkan satu temuan tekhnologi yang mampu melihah micro-organisme dan benda micro-inorganisch yang disebut alat super-microscoop.
- Koran Sin Po
BERITATERPOPULER