Dewan Pers SinPo

Ini Bahaya Jika Sering Menahan Lapar

Laporan: Zikri Maulana
Minggu, 20 November 2022 | 15:43 WIB
Ilustrasi sakit perut/pixabay
Ilustrasi sakit perut/pixabay

SinPo.id -  Kelaparan atau membiarkan perut kosong dalam jangka waktu yang lama dapat berdampak buruk untuk kesehatan tubuh. Pasalnya, tubuh manusia membutuhkan asupan energi untuk kinerja organ yang baik dan normal. 

“Membiarkan perut kosong dalam waktu yang lama dapat berdampak buruk untuk kesehatan tubuh. Pasalnya, tubuh manusia membutuhkan asupan makanan dan minuman sebagai sumber energi agar organ-organ tubuh bekerja dengan normal.” dr. Rizal Fadli dikutip dari laman Halodoc, Minggu 20 November 2022. 

Melansir Halodoc, pada delapan jam pertama, ketika tubuh tidak menerima asupan makanan atau minuman, maka tubuh akan masih mencerna makanan terakhir. Tubuh akan terus mencerna seolah-olah akan mendapatkan asupan makan lagi dengan menggunakan karbohidrat yang tersimpan sebagai energi. 

Selain itu, otak pun akan menggunakan sekitar 25 persen glukosa yang berada dalam tubuh untuk otot dan sel darah merah. 

Kemudian, glukosa akan habis setelah delapan jam tanpa makanan. Untuk menggantikannya, tubuh akan menggunakan lemak dengan memecahnya dalam bentuk asam lemak untuk menjadi energi. 


Tubuh akan membuat keton sebagai produk sampingan dari metabolisme lemak saat menggunakan lemak untuk energi. Para ahli menyebut proses ini sebagai ketosis.


Tubuh akan terus menggunakan lemak yang tersimpan untuk menghasilkan energi sepanjang 24 jam tanpa makan. Jika tubuh tidak juga mendapatkan makanan lebih dari 24 jam, tubuh akan mulai mengubah protein menjadi energi.

Namun, hal ini akan berakibat beberapa organ tidak dapat bekerja dengan baik meskipun menerima energi dari asam lemak maupun protein. Organ seperti otak hanya bisa menggunakan glukosa sebagai sumber energi. Akibatnya, fungsi otak akan mengalami gangguan. 

Lalu ketika seseorang membiarkan kondisi lapar dengan menunda makan dan menahannya, atau orang yang menyalahgunakan diet dengan tidak makan sama sekali, tentu akan berdampak negatif pada kesehatan tubuh. Padahal, rasa lapar adalah cara tubuh memberitahu bahwa tubuh membutuhkan energi agar dapat berfungsi dengan baik.

Berikut ini, beberapa dampak negatif tubuh saat kelaparan :

1. Malnutrisi 

Efek paling nyata yang muncul adalah tubuh akan mengidap malnutrisi atau kekurangan gizi. Selain membuat tubuh tampak kurus, hal ini juga mengakibatkan sejumlah masalah kesehatan tambahan. Salah satunya adalah anemia yang disebabkan oleh kekurangan zat besi dan masalah imunologis akibat kekurangan vitamin C.

2. Masalah Metabolisme 

Kelaparan juga dapat memengaruhi masalah metabolisme tubuh. Jika kamu memiliki jadwal makan yang tidak menentu, ini bisa memengaruhi ritme sirkadian yang menyebabkan berbagai masalah pada metabolisme tubuh. Masalah ini termasuk kenaikan berat badan, masalah imunologi, dan masalah kesehatan lainnya.

3. Risiko Terkena Penyakit Kronis 

Terdapat hubungan antara kelaparan dan penyakit kronis seperti diabetes, tekanan darah tinggi, dan penyakit jantung.

Potensi risiko penyakit ini bisa meningkat jika kamu juga menjalani gaya hidup tidak sehat seperti mengonsumsi kafein dan alkohol secara berlebihan, merokok, begadang, dan tidak berolahraga. Hidup sehat ini berarti memiliki pola makan yang teratur dan menjalani gaya hidup yang sehat. 
sinpo

Komentar:
BONGKAR
Aplikasi Sinpo
POJOK SINPO
Koran Sin Po edisi 14 Januari 1939 menulis berita “Super Microscoop”. Laporan tekhnologi itu menyebutkan laboratorium Jtlectron-Optisch dari Siemens & Halske di Duitschland telah telah mengumumkan satu temuan tekhnologi yang mampu melihah micro-organisme dan benda micro-inorganisch yang disebut alat super-microscoop.
- Koran Sin Po
BERITATERPOPULER