Senayan Soroti Proyek Pipa Minyak Blok Rokan Mangkrak

Laporan: Sinpo
Rabu, 16 November 2022 | 09:25 WIB
Ilustrasi (SinPo.id/Pixabay.com)
Ilustrasi (SinPo.id/Pixabay.com)

SinPo.id -  Komisi VII DPR di Senayan menyoroti proyek Pipa Minyak Rokan yang tidak kunjung beroperasi, walaupun sudah uji coba penyaluran perdana dilakukan sejak 27 Januari 2022. Proyek raksasa senilai 300 juta dollar Amerika Serikat (AS) atau sekitar Rp4,3 triliun milik PT Pertamina Gas (Pertagas) tersebut mangkrak dan dikerjakan oleh perusahaan swasta.

“Saya dengar di Blok Rokan itu ada pekerjaan pipa yang mangkrak, cukup besar harganya Rp4,3 triliun. Pipa ini sekarang enggak bisa dipakai. Yang mengerjakan anak perusahaan bersama swasta, mungkin ini bisa dijawab perusahaan mana,” ujar anggota Komisi VII DPR RI Muhammad Nasir dikutip dari laman dpr.go.id Selasa 15 November 2022 kemarin.

Proyek yang dikerjakan sejak September 2020 itu ditargetkan beroperasi tahun ini, ia meminta Komisi VII DPR dapat memantau langsung proyek tersebut di lapangan, karena Blok Rokan punya sumber daya minyak sangat besar sehingga jangan sampai tidak dikelola dengan baik.

“Saya minta kita, teman-teman (Komisi VII DPR RI), kunjungi bener enggak ini. Jangan dibuat main-main, saya minta yang seperti ini pihak hukum datang tinjau lokasinya. Jangan dibiarkan,” ujar Nasir menegaskan.

Direktur Utama PT Pertamina Hulu Energi (PHE) Wiko Migantoro membantah proyek pipa di Blok Rokan tersebut bukan proyek mangkrak. Menurut Wiko, operasi pipa di Blok Rokan  bersifat round-up atau bertahap.

Wiko pun memastikan proyek tersebut bisa beroperasi secara maksimal di akhir tahun ini, di mana proses tie-in pompa yang dioperasikan oleh Pertamina Hulu Rokan (PHR) dengan pipa tersebut membutuhkan proses.

Sebelumnya, uji coba penyaluran perdana Pipa Minyak Rokan dilakukan sejak 27 Januari 2022 di Duri Crude CGS10. Minyak tersebut telah sampai di Stasiun Meter Dumai Pertagas pada 31 Januari 2022 lalu. Sebanyak 18.781 barrel oil per day (BOPD) minyak dari PHR dialirkan dalam uji coba tersebut. Adapun proyek Pipa Minyak Rokan digarap oleh Konsorsium PT PGAS Solution dan PT Patra Drilling Contractor (KPP).sinpo

Komentar: