Tak Lapor Bertemu Gibran, NasDem : Anies Bukan Kuda Pacu Partai

Laporan: Juven Martua Sitompul
Rabu, 16 November 2022 | 09:04 WIB
Pertemuan antara Anies dan Gibran Rakabuming/Instagram: @Aniesbaswedan
Pertemuan antara Anies dan Gibran Rakabuming/Instagram: @Aniesbaswedan

SinPo.id -  Partai NasDem menegaskan Anies Baswedan memiliki kebebasan untuk bergerak menemui siapa pun meski diusung menjadi calon presiden (capres) untuk Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Anies orang merdeka, bukan kuda pacu Partai NasDem.

Ini ditegaskan Wakil Ketua Umum Partai NasDem Ahmad Ali menanggapi banyaknya kritikan pertemuan Anies dengan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka di Solo, Jawa Tengah. Anies tak perlu melaporkan ke NasDem jika ingin bertemu seseorang.

"Lah terus apa urusannya Anies melaporkan ke NasDem, Anies itu punya kebebasan oleh NasDem mau kemana saja, ke siapa saja, dia bukan kuda pacunya NasDem, dia bergerak atas arahan NasDem, enggak," kata Ahmad Ali saat dihubungi SinPo.id, Rabu, 16 November 2022.

Ahmad Ali menyatakan Anies berhak bertemu siapa pun, termasuk Gibran. Dia bahkan menilai pertemuan itu baik untuk menjaga iklim demokrasi di Tanah Air.

"Itu bagus menurut saya dalam demokrasi kita, dalam suasana politik yang muka cemberut dan marah-marah, terus kemudian hari ini anak muda dari Solo ketemu orang Jogja kan bagus. Ini keteladanan yang mereka perlihatkan kepada bangsa ini, kepada kita yang sudah tua-tua ini," ujarnya.

Anggota Komisi III ini memandang pertemuan Anies dengan Gibran mengajarkan semua pihak tentang berpolitik yang ramah. Dia tak melihat ada agenda buruk dari Anies dalam pertemuan itu.

"Jadi kita tidak melihat pada persepektif itu ya, saya justru melihat pada pertemuan itu hal positif bagi demokrasi kita," kata dia.

Sebelumnya, Anies menggelar pertemuan dengan Gibran dalam kunjungannya ke Solo, Jawa Tengah. Keduanya sempat sarapan bersama sebelum menghadiri acara Haul Habib Ali bin Muhammad Al-Habsyi di area Masjid Ar Riyadh, Pasar Kliwon, Solo.

Anies Baswedan bahkan memuji perkembangan Kota Solo yang makin tertib dan rapi sejak dipimpin Gibran. "Pagi ini senang bisa silaturahmi dengan Pak Wali Kota. Alhamdulilah melihat Solo rapi, bersih, tertib," kata Anies usai sarapan bersama dengan Gibran.sinpo

Komentar: