Kemenkes Beberkan Arahan WHO Menuju Endemi Covid-19

Laporan: Khaerul Anam
Kamis, 10 November 2022 | 17:27 WIB
Ilustrasi (SinPo.id/Pixabay.com)
Ilustrasi (SinPo.id/Pixabay.com)

SinPo.id -  Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI memaparkan arahan badan kesehatan dunia atau WHO menuju endemi Covid-19. Dalam pernyataan WHO pada 19 September 2022 lalu, menyebutkan keadaan Pandemi Covid-19 sudah stabil dan akan menuju Endemi.

WHO mengingatkan ada enam poin yang perlu dilakukan masyarakat untuk menuju ke situasi endemi Covid-19.

"Ada enam yang diingatkan oleh WHO yang tentu saja ini harus dikomunikasikan kepada publik," kata juru bicara Kemenkes, Mohamad Syahril saat konpers, Kamis, 10 November 2022.

Syahril mengatakan WHO mengingatkan perlunya mengkomunikasikan resiko melalui sosialisasi kepada masyarakat bahwa pandemi Covid-19 masih ada. "Covid-19 masih ada, bukan hanya di Indonesia tetapi juga di seluruh dunia," Syahril menambahkan.

Selain itu ada strategi yang harus dilakukan yaitu dengan melaksanakan vaksinasi ke satu, dua dan booster. Serta memastikan sistem kesehatan dari hulu sampai ke hilir.

"Jadi nanti kita tidak gagap lagi, tidak bingung lagi apabila terjadi lonjakan kasus atau ada varian baru," ucap Syahril menjelaskan.

Keempat, kata Syahril, melihat di lapangan secara real yaitu melakukan testing dan squensing. Kemudian yang kelima, selalu mempersiapkan antisipasi jika terjadi lonjakan kasus.

“Terakhir tindakan pencegahan dan pengendalian secara menyeluruh dan berkesinambungan. Jadi keenam poin ini harus dilakukan jika betul-betul kita mengawal pandemi ini hingga berakhir," katanya.sinpo

Komentar: