Dekranas Bekolaborasi dengan Kementerian ESDM Dorong Peningkatan Ekonomi Melalui UMKM

Laporan: Galuh Ratnatika
Rabu, 09 November 2022 | 15:12 WIB
Ilustrasi UMKM/ Dekranas
Ilustrasi UMKM/ Dekranas

SinPo.id - Dalam rangka meningkatkan ekonomi Indonesia, Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) berkolaborasi Kementerian Energi Dan Sumber Daya Mineral (ESDM) untuk memajukan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), di bidang kerajinan tangan.

Ketua Harian Dekranas, Tri Tito Karnavian menjelaskan, Dekranas memiliki tugas untuk meregenerasi pengrajin agar kerajinan-kerajinan nasional tetap eksis guna mendukung perekonomian Indonesia, termasuk dalam pelestarian dan pengelolaan geopark.

"Kami bekerja sama dengan Kementerian ESDM melatih para peserta workshop untuk mengikuti pelatihan kepada UMKM yang bergerak di bidang kerajinan dan membantu peningkatan dari kualitas produk kerajinan mereka," kata Tri, dikutip Rabu 9 November 2022.

Ia juga mengatakan, tujuan dari pelatihan masyarakat di sekitar wilayah tambang dan geopark adalah untuk mendukung masyarakat setempat mengembangkan potensi geopark yang ada, yaitu salah satunya ecotourism dan sustainable tourism.

Selain itu, kata Tri, para turis juga akan lebih tertarik berkunjung ke daerah-daerah wisata alam yang memperhatikan lingkungan sekitarnya. Sehingga pengelolaan yang baik terhadap suatu tempat wisata sangatlah penting.

"Isu lingkungan ini isu sangat luar biasa di seluruh dunia, salah satunya adalah menggunakan bahan-bahan alami yang tidak merusak lingkungan hidup kita, yaitu dengan membuat kerajinan," paparnya.

Sementara itu, untuk pemasaran dan penjualan produk kerajinan, masyarakat atau pelaku UMKM disarankan memanfaatkan media online untuk menjangkau wilayah yang lebih luas dengan biaya yang lebih murah.

"Saat ini sudah memasuki revolusi industri 4.0 jadi sudah digital, jadi sekarang sudah sangat mudah sekali memasarkan produk melalui media online yang tidak hanya terbatas di lokal tapi juga internasional," kata Tri menambahkan.sinpo

Komentar: