Peringati Sumpah Pemuda, Puan Ajak Anak Muda Berdikari

Laporan: Galuh Ratnatika
Jumat, 28 Oktober 2022 | 16:32 WIB
Ketua DPR, Puan Maharani/Istimewa
Ketua DPR, Puan Maharani/Istimewa

SinPo.id -  Ketua DPR RI Puan Maharani mengajak seluruh pemuda-pemudi Indonesia berdikari memajukan Indonesia lewat karya dalam rangka memperingati 94 tahun Sumpah Pemuda.

“Untuk menjadi SDM unggul, generasi muda harus dapat ‘berdiri di kaki sendiri’. Maka singkirkan sikap manja dan tumbuhkan semangat kemandirian sehingga mampu berjuang demi kemajuaan Indonesia,” kata Puan, Jumat 28 Oktober 2022.

Namun, kata Puan, cara berjuang pemuda saat ini berbeda dengan perjuangan pemuda di era kemerdekaan. Bukan lagi dengan mengangkat senjata, melainkan dengan karya atau keahlian di bidangnya masing-masing.

“Baik dengan menjadi tenaga kesehatan, ilmuan, politisi, ASN, entrepreneur, jurnalis, pekerja seni budaya, profesional IT, analis ekonomi, dan lain-lain. Semua karya pemuda saat ini adalah bentuk perjuangan demi Tanah Air,” ungkapnya.

Selain itu, ia juga mengajak generasi muda menumbuhkan semangat menyatukan Indonesia lewat cara-cara yang positif. Sebab dengan bersatunya pemuda, menurut Puan, niscaya Indonesia akan terus maju.

Seperti yang dikatakan Bung Karno, ‘berikan aku sepuluh pemuda, maka akan kugoncangkan dunia’. Pesan yang harus diingat oleh generasi muda untuk menciptakan semangat persatuan.

Di samping itu, Puan juga meminta agar generasi muda tidak boleh puas dengan hasil Sumpah Pemuda di tahun 1928 dan mengingat pesan Bung Karno untuk jangan mewarisi abu, tapi warisilah api dari Sumpah Pemuda.

“Perjuangan kita belum selesai, karena masih banyak tujuan kemerdekaan yang belum tercapai. Maka sumbangkan sebanyak-banyaknya karya bagi bangsa ini sehingga keadilan dan kemakmuran secara merata dapat tercipta di Indonesia,” ujar Puan.sinpo

Komentar: