Bangun Rusun Margasatwa, Pemprov DKI Anggarkan Rp 375 Miliar

Laporan: Zikri Maulana
Jumat, 28 Oktober 2022 | 05:30 WIB
Ilustrasi Rusun/net
Ilustrasi Rusun/net

SinPo.id -  Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalui Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPRKP) DKI Jakarta menyiapkan anggaran sekitar Rp375 Miliar untuk membangun Rumah Susun (Rusun) Margasatwa pada 2023-2024. Anggaran proyek pembangunan Rusun Margasatwa tersebut berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2023 dan 2024.

"APBD tahun 2023 dan 2024, itu multiyear. Kemarin perencanaan secara keseluruhan kurang lebih sekitar Rp 375 Miliar, kita alokasikan untuk dua tahun," kata Kepala DPRKP DKI Sarjoko di Hotel Novotel, Cikini, Jakarta Pusat, Kamis 27 Oktober 2022.

Sarjoko mengatakan, Rusun Margasatwa tersebut diperuntukan bagi warga bantaran yang terkena dampak normalisasi Sungai Ciliwung. Pembangunan Rusun itu akan dimulai pada tahun depan, dengan membangun 3 tower di daerah Jakarta Selatan (Jaksel).

"Ya salah satunya kita menyiapkan di Jaksel, ini akan kita bangun di jalan Margasatwa di tahun 2023-2024 di salah satu yang kita dorong di jaksel, itu di rusun margasatwa," kata Sarjoko.

Sarjoko juga menyampaikan, saat ini lahan di kawasan Margasatwa sudah tersedia dan ditargetkan tahun 2023 mendatang kegiatan konstruksi sudah bisa dimulai.

"Rusun yang akan kita bangun di Jalan Margasatwa di tahun 2023-2024 ini akan dibangun di lahan kosong milik Pemprov DKI," katanya.

Lebih lanjut, ia mengatakan ke depannya pihaknya telah mendapat dukungan DPRD DKI Jakarta untuk pencarian persediaan lahan baru. Oleh karena itu, kata Sarjoko, DPRKP DKI Jakarta masih akan membangun hunian bagi warga di masa mendatang.

"Kemarin kita dapat dukungan dari DPRD untuk bisa menyediakan land banking baru untuk kebutuhan membangun rusun baru. Ini masih berproses," tuturnya. 
sinpo

Komentar: