Presiden: IKN Merupakan Langkah Membangun Basis Ekonomi Baru

Laporan: Galuh Ratnatika
Rabu, 19 Oktober 2022 | 12:25 WIB
Ilustrasi IKN/Instagram: @Nyoman Nuarta
Ilustrasi IKN/Instagram: @Nyoman Nuarta

SinPo.id -  Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi), mengatakan pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN), merupakan langkah Indonesia untuk membangun basis ekonomi baru, demi wujudkan perubahan peradaban Indonesia.

Hal itu disampaikan presiden saat menghadiri kegiatan bertajuk Ibu Kota Nusantara Sejarah Baru Peradaban Baru, di The Ballroom Djakarta Theater, Jakarta.

“Jika kita tidak berani transformasi dari sekarang, sampai kapan pun kita akan sulit jadi negara maju,” kata Jokowi, Selasa 18 Oktober 2012.

Menurutnya, melalui pembangunan IKN yang menghadirkan konsep pembangunan Indonesiasentris, angka perekonomian daerah yang tinggi nantinya tidak lagi hanya terpusat di Pulau Jawa.

“Indonesia perlu keadilan ekonomi, sekali lagi ada 17 ribu pulau, bukan hanya satu pulau. Perlu kesetaraan pembangunan, perlu pemerataan pembangunan. Ini yang ingin kita hadirkan yaitu dengan membangun Ibu Kota Nusantara,” paparnya.

Namun, kata Jokowi, untuk mewujudkan transformasi peradaban Indonesia melalui pembangunan IKN, perlu adanya upaya bersama dari seluruh pihak, termasuk para investor.

“Nusantara bisa terwujud dengan upaya bersama, bukan hanya pemerintah yang bergerak karena memang pemerintah hanya kurang lebih menyiapkan 20 persen dari bujet yang ada. Delapan puluh persen kita berikan kesempatan kepada para investor," terangnya.

Lebih lanjut, pihaknya juga meminta para investor untuk tidak ragu menanamkan modalnya di IKN, karena pemindahan ibu kota tersebut telah tertuang dalam Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2022 tentang Ibu Kota Negara.
sinpo

Komentar: