Banjir Menerjang, Pemerintah Diminta Fokus Selamatkan Korban

Laporan: Galuh Ratnatika
Selasa, 18 Oktober 2022 | 15:04 WIB
Puan Maharani/Istimewa
Puan Maharani/Istimewa

SinPo.id -  Ketua DPR RI, Puan Maharani, meminta pemerintah aga lebih fokus menyelamatkan korban bencana banjir dan tanah longsor yang menerjang sejumlah wilayah dalam beberapa hari terakhir.

Pasalnya, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan 13 orang meninggal dunia akibat banjir dan tanah longsor, dan sejumlah orang lainnya mengalami luka-luka.

“Atas nama pribadi dan pimpinan DPR, saya mengucapkan dukacita yang mendalam untuk para korban yang meninggal dunia serta yang mengalami luka-luka," kata Puan melalui keterangan tertulisnya, Selasa 18 Oktober 2022.

Selain itu, ada juga warga yang dilaporkan hilang akibat terseret arus banjir bandang. Bahkan infrastruktur seperti jalanan dan jembatan juga dilaporkan rusak, hingga menyebabkan banyaknya hewan ternak yang mati.

“Pemerintah bersama stakeholder terkait, Tim SAR harus fokus pada penyelamatan korban. Pastikan korban-korban yang hilang ditemukan,” tegasnya.

Lebih lanjut, Puan juga mengingatkan agar pemerintah dapat segera menyalurkan bantuan kepada korban yang terdampak, serta selalu siaga untuk memitigasi dampak bencana akibat cuaca ekstrem.

“Berikan pelayanan terbaik bagi warga, termasuk memperhatikan kebutuhan anak-anak, lansia, ibu hamil dan menyusui. Area pengungsian pun harus nyaman dan dilengkapi dengan kebutuhan medis bagi warga,” paparnya.

Adapun daerah yang diterpa banjir seperti Bogor, Bandung, Jawa Barat, dan sejumlah wilayah di Jawa Timur seperti Kabupaten Malang, Blitar, dan Banyuwangi.

Tak hanya di pulau Jawa, bencana banjir juga melanda daerah di luar Jawa seperti di Jembrana dan Karangasem, Bali. Bahkan bencana longsor pun terjadi di Lombok, NTB.sinpo

Komentar: