Pemerintah Targetkan Seluruh Rakyat Dapat Akses Air Layak Minum pada 2024

Laporan: Sinpo
Senin, 17 Oktober 2022 | 19:20 WIB
Wapres Ma'ruf Amin/ BPMI Setpres
Wapres Ma'ruf Amin/ BPMI Setpres

SinPo.id - Wakil Presiden (Wapres) menekankan pentingnya langkah intensif untuk mendorong kenaikan cakupan layanan air bersih nasional. Pemerintah menargetkan 100 persen rumah tangga memiliki akses air minum layak pada tahun 2024. Hal ini cukup berat karena dalam tiga tahun terakhir cakupan air minum layak hanya naik 1,5 persen.

“Pemerintah telah menargetkan perbaikan air bersih bagi masyarakat melalui sistem ekonomi berkelanjutan, sehingga masyarakat dapat memanfaatkan hasil pemerataan layanan air bersih secara nyata,” ujar Ma’ruf pada Pembukaan State-Owned Enterprises (SEO) International Conference, sekaligus peluncuran Indonesia Water Fund (IWF), seperti dilansir Setkab, Senin 17 Oktober 2022.

Dalam kesempatan tersebut, Wapres mengapresiasi Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang telah menginisiasi program IWF sebagai upaya mendukung pembiayaan pengadaan air bersih di Indonesia.

“Sehubungan dengan upaya pemenuhan kebutuhan air bersih, saya mengapresiasi inisiatif Kementerian BUMN yang telah mengupayakan terobosan melalui program Indonesia Water Fund,” ujarnya.

Ma'ruf berharap, IWF akan mampu mendukung penyediaan air bersih kepada masyarakat secara optimal tanpa mengandalkan anggaran belanja negara.

“Keberadaan IWF sebagai platform untuk mendukung percepatan investasi penyediaan sambungan air bersih ke rumah-rumah, diharapkan dapat menjadi alternatif solusi bagi pemerintah melalui pendanaan non-APBN,” tuturnya.

Namun, diakui Ma'ruf, pemerintah dan BUMN tidak dapat bekerja sendiri dalam upaya pemenuhan kebutuhan air bersih. Sehingga diperlukan kerja sama berbagai pemangku kebijakan dan masyarakat luas sehingga upaya tersebut dapat berjalan maksimal.

“Diperlukan peran serta dari dunia usaha, filantropi, organisasi profesi, akademisi, media, dan lembaga swadaya masyarakat. Jejaring ini harus dikembangkan dengan kuat dan terkoordinasikan dengan baik,” tegasnya.

Lebih jauh Ma'ruf berharap IWF dapat bermanfaat secara nyata dalam peningkatan akses masyarakat terhadap air bersih. Sehingga dapat turut serta meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

“Saya harapkan Indonesia Water Fund yang diluncurkan hari ini dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat di masa yang akan datang,” tandasnya.sinpo

Komentar: