Ini Alasan Febri Diansyah Jadi Kuasa Hukum Ferdy Sambo

Laporan: Khaerul Anam
Rabu, 28 September 2022 | 20:42 WIB
Febri Diansyah/SinPo.id
Febri Diansyah/SinPo.id

SinPo.id -  Dua orang eks pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Febri Diansyah dan Rasamala Aritonang bergabung menjadi tim kuasa hukum Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi.

Keputusan tersebut mendapat sorotan miring dari masyarakat.

Sebagai mantan Juru Bicara lembaga antirasuah, Febry mengungkapkan alasannya bersedia gabung ke kubu Sambo.

"Jadi ini pilihan profesional. Pilihan profesional kami sebagai advokat sekaligus tentu saja apabila kami berbicara soal profesional menjadi advokat sekaligus berbicara dari segi etis," ujar Febri saat konperensi pers di Jakarta, Rabu 28 September 2022.

Febri menjelaskan, semenjak keluar dari lembaga antirasuah, ia bersama Rasamala dan rekannya yang lain memutuskan untuk menjadi seorang advokat. Sehingga pilihan yang diambil saat ini merupakan keputusan preofseional.

"Jadi saya sejak tidak di KPK lagi akhir 2020 saya menjadi advokat bersama dengan teman-teman, kami punya beberapa pilihan-pilihan dan kesadaran profesional," ungkapnya.

Menurutnya, seluruh pengalaman yang ia peroleh selama proses belajar dan pengalaman kerja serta interaksi selama ini,  yang mempengaruhinya untuk kemudian terjun sebagai seorang advokat.

"Mempengaruhi dalam artian misalnya aspek objektivitas bagaiamnaa kami menjaga integritas dalam proses peradilan itu adalah bagian yang krusial yang pasti akan kami jaga," ujarnya.

Sementara Rasamala mengungkap keputusan untuk menjadi kuasa hukum Fredy Sambo dan Putri Chandrawathi merupakan keputusan independent dirinya sebagai seorang advokat dan tidak ada dorongan dari pihak manapun.

"Jadi memang ini keputusan independen dan tidak ada kaitannya dengan ada dorongan pihak lain atau pihak ketiga atau pihak manapun. Jadi prinsipnya ini keputusan independen dalam konteks profesi kami sebagai seorang advokat," ungka Rasamala.

"Gini-gini, kalau lawyer, advokat, itu kan memang independen. Artinya dia memutuskan sendiri, memilih sendiri. nah kami kan memang memberikan bantuan kepada mereka yang memang membutuhkan," tambahnya.

Rasamal mengungkap, sebelum mengambil keputusan dirinya telah mengonfirmasi langsung kepada Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi dalam melihat peluang untuk melakukan pembelaan.

"Kami berdiskusi banyak dengan tim, juga melihat bukti-bukti yang sudah, gitu, baru kemudian bisa mengambil keputusan," tandasnya.

sinpo

Komentar: