Soal Pj Gubernur DKI, PAN: Bahtiar Sangat Mumpuni

Laporan: Zikri Maulana
Rabu, 28 September 2022 | 23:07 WIB
Dirjen Politik dan Hukum Kemendagri, Bahtiar/Dok: Kemendagri
Dirjen Politik dan Hukum Kemendagri, Bahtiar/Dok: Kemendagri

SinPo.id -  Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Fraksi PAN, Zita Anjani menyampaikan alasan fraksinya mengusulkan ketiga kandidat  Pj Gubernur DKI Pengganti Anies Baswedan, karena ketiganya berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS) Eselon I. 

Adapun ketiga nama yang diusulkannya yakni, Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta Marullah Matali, Kepala Sekretariat Kepresidenan (Kasetpres) Heru Budi Hartono, dan Dirjen Politik Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Bahtiar. 

"Kita lihat kan pertama Pj harus Eselon I. Di DKI ada eselon I yakni Sekda," ujar Zita di Gedung DPRD DKI, Rabu 28 September 2022. 

Selain itu, Zita menjelaskan, diusungnya Bahtiar dari Kemendagri karena dianggap punya pengalam sebagai Pj. Bahkan, ia menyebut, Bahtiar lah yang paling mumpuni. 

"Sangat Mumpuni. Dia pernah jadi Pj di Riau. Justru kami melihat di Kemendagri yang paling mumpuni pak Bahtiar. Makanya rekomendasi, diusulkan pak Bahtiar," ujarnya. 

Yang ketiga, lanjut Zita, diusungnya Heru Budi Hartono karena dianggap memiliki pengalaman juga merupakan sosok yang dekat dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi). 

"Satu lagi kan orang dekat Joko Widodo," tuturnya. 

Sebagaimana diketahui, masa jabatan Anies Baswedan sebagai Gubernur DKI Jakarta akan berakhir pada tanggal 16 Oktober 2022 mendatang. sinpo

Komentar: