Demo Tolak Kenaikan Harga BBM Masih Berlanjut, 4.400 TNI-Polri Disiagakan

Laporan: Zikri Maulana
Selasa, 27 September 2022 | 10:43 WIB
Kapolres Jakarta Pusat, Kombes Komarudin. Foto: SinPo.id/Zikri Maulana
Kapolres Jakarta Pusat, Kombes Komarudin. Foto: SinPo.id/Zikri Maulana

SinPo.id - Aksi unjuk rasa menolak kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) masih terus berlanjut. Hari ini, Selasa 27 September 2022, ribuan massa dari elemen buruh dan mahasiswa akan menggelar aksi di depan gedung DPR, Jakarta Pusat. 

Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Komarudin menyampaikan, 4.400 personil pengamanan disiagakan untuk mengawal jalannya aksi pada hari ini. 

"Untuk wilayah Jakarta Pusat ada 4.400 personel kita siapkan gabungan TNI-Polri," kata Komarudin kepada wartawan, Selasa 27 September 2022. 

Komarudin juga mengatakan, ada 14 titik aksi unjuk rasa di seluruh wilayah Jakarta Pusat yang akan digelar pada hari. 
 
"Di wilayah Jakarta Pusat ada 14 titik (demo) hari ini. Ada beberapa isu yang diangkat, ada di perusahaan, ada di Balai Kota, kemudian di Kementerian, lalu di DPR. Di DPR itu ada soal BBM sama agraria," katanya. 

Ia juga menyebutkan, untuk demo terkait BBM di depan Gedung DPR, diperkirakan sekitar 2000 massa dari elemen Gerakan Buruh Bersama Rakyat (GEBRAK) dan Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI). 

"Kalau dalam pemberitahuan itu sekitar 1.000 hingga 2.000 peserta aksi," ucapnya. 

Lebih jauh, Komarudin menyampaikan, untuk rekayasa lalu lintas bersifat situasional. Ia mengatakan sejauh ini pihaknya belum melakukan penutupan jalan di depan gedung DPR.  

"Untuk rekayasa lalin situasional. Karena DPR halamannya cukup luas mudah-mudahan tidak sampai menutup Jalan Gatot Subroto," terangnya. 

 sinpo

Komentar: