Pengamat: Pertemuan Puan-Cak Imin Untuk Jajaki Koalisi

Laporan: Bayu Primanda
Senin, 26 September 2022 | 14:29 WIB
Cak Imin dan Puan Maharani bersama-sama ziarah ke TMP Kalibata/SinPo.id
Cak Imin dan Puan Maharani bersama-sama ziarah ke TMP Kalibata/SinPo.id

SinPo.id -  Peneliti Indikator Politik Indonesia, Bawono Kumoro menyoroti pertemuan yang terjadi antara Ketua DPP PDIP, Puan Maharani dengan Ketum PKB, Muhaimin Iskandar atau Cak Imin.

Menurut Bawono pertemuan keduanya tak lain untuk menjajaki koalisi di Pilpres 2024 mendatang.

"Pertemuan dengan Cak Imin sangat mungkin dimanfaatkan juga oleh Puan Maharani untuk menjajaki koalisi bentukan Partai Gerindra dan PKB agar PDI Perjuangan dapat juga masuk di koalisi tersebut," kata Bawono dalam keterangannya, Senin, 26 September 2022.

Bawono mengingatkan bahwa soliditas Koalisi Gerindra-PKB membuat Puan harus meminta restu keduanya jika PDIP bersedia masuk koalisi.

Tentunya akan ada posisi tawar baru bagi PDIP, dimana koalisi Gerindra-PKB sepakat mengusung Prabowo Subianto sebagai calon presiden, sementara calon wakil presidennya harus sesuai kesepakatan kedua partai.

"Boleh jadi Puan Maharani meminta kesediaan dari Partai Gerindra dan PKB untuk mempertimbangkan dia sebagai calon wakil presiden mendampingi Prabowo Subianto," kata Bawono.

Bawono mengatakan, tak bisa dipungkiri jika elektabilitas Prabowo Subianto sebagai capres menarik banyak partai, tak terkecuali PDIP untuk merapat.

"Sebagai bakal calon presiden dalam pemilihan presiden mendatang selain memiliki elektabilitas baik Prabowo Subianto juga memiliki Partai Gerindra partai politik terbesar kedua hasil pemilu 2019 sebagai kendaraan politik. Inilah nilai plus dari Prabowo Subianto di mata partai-partai dan elite politik," tukas dia.sinpo

Komentar: